5 Rumah Bawah Tanah Paling Menakjubkan

Rumah bawah tanah Malator (foto: loweswatercam.co.uk)

Rumah biasanya dibangun di atas permukaan tanah, tapi apa jadinya jika rumah dibangun di bawah tanah. Memang terdengar aneh, tapi kenyataannya sekarang memang banyak rumah-rumah bawah tanah.

Dari sekian banyak rumah bahwa tanah, mungkin beberapa rumah bawah tanah ini bisa dikatakan yang paling mewah, menakjubkan dan mengagumkan.

Kira-kira seperti apa sih penampakan rumah bawah tanah paling menakjubkan di dunia ini? Simak ulasannya berikut ini.

5. Malator di Druidstone, Wales

(foto: Oddee)

Rumah kotemporer ini disebut-sebut salah satu rancangan arsitekur Wales. Rumput sebagai atapnya dan cerobong asap baja memberikan kesan sederhana pada rumah bawah tanah ini.

4. Rumah Hobbi di Vals, Swiss

(foto: Oddee)


Dirancang oleh SeaArch dan arsitek Christian Muller, Vals sangat terkenal akan pemandian air panas dan pemandangannya. Rumah ini dibangun di bawah tanah agar pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung yang indah dan suhu tetap dingin.

3. Estate Lattenstrasse, Dietikon, Swiss 

(foto: Oddee)

Dirancang oleh Vetsch Architektur, perumahan ini tersiri dari 9 rumah yang terhubung dengan tanah. Alasan rumah ini dibangun di bawah tanah adalah untuk melindungi dari hujan, suhu ekstrim, angin dan abrasi.

2. Rumah Batu Padang Pasir, Yunani

(foto: Oddee)

Strukur persegi pada rumah ini disusun oleh Deca. Struktur jenis ini sangat ramah lingkungan, memanfaatkan panas matahari alami, dan pendingin dari angin yang berhembus alami.

1. Rumah Tersembunyi di Lower Silesia, Polandia 

(foto: Oddee)

Rumah bawah tanah dari KWK Promes ini dibuat dengan atap rumput dan pemilik rumah dapat memasuki rumah melalui tangga. Rumah tersebut hanya dapat diakses oleh warga setempat saja.
X