5 Masalah Serius Yang Ditimbulkan Akibat Ketombe

Rambut berketombe (foto: mmmglawblog.com)

Ketombe merupakan penglupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Biasanya ketombe disebabkan oleh keadaan kulit kepala yang kotor karena jarang diersihkan, seperti dikeramas.

Oleh sebab itu, banyak orang yang tidak percaya diri karena rambutnya banyak ketombe. Namun, ada yang harus Anda khawatirkan selain penampilan jika rambut Anda banyak ketombenya. Ternyata, ketombe dapat menyebabkan beberapa masalah serius.

Mulai dari jerawat, rambut rontok, infeksi mata, dan beberapa masalah serius lainnya. Simak ulasannya di bawah ini tentang masalah serius yang disebabkan akibat ketombe, seperti dilansir Wow Menariknya dari TheHealthSite.com.

1. Jerawat

Menurut Dr Mukesh Batra, serpihan kulit kering dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Jika sebelumnya memiliki kulit berjerawat ditambah berketombe dikulit kepala, maka kulit yang berjerawat keadanya akan semakin parah. Jadi, sebaiknya pastikan rambut tidak menyentuh area bagian wajah.

2. Gatal kulit kepala

Kulit kepala memproduksi jumlah ketombe yang begitu banyak sehingga menimbulkan sel kulit mati yang membuat kulit kepala menjadi sangat gatal.

3. Rambut Rontok

Meskipun ketombe tidak terkait langsung dengan rambut rontok, namun dermatitis, suatu kondisi kulit kepala yang banyak mengandung bakteri ditimbulkan ketombe bisa menjadi penyebab rambut rontok, seperti yang telah dikatakan trichologist Dr Apoorva Shah.

4. Psoriasis

Dr Sejal Shah seorang dokter kulit mengatakan bahwa ketombe juga dapat menyebabkan psoriasis, di mana kondisi kulit yang dapat menyebabkan bercak tebal merah dan kulit bersisik. Psoriasis dapat menyebar ke bagian kulit lain, biasanya psoriasis menyerang pada bagian kulit belakang telinga dan punggung.

5. Infeksi mata

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, blepharitis adalah infeksi mata umum yang disebabkan oleh ketombe. Infeksi ini ditandai dengan mata memerah, gatal dan pembentukan sisik ketombe seperti pada bulu mata.
X