5 Makanan Yang Dapat Membantu Anda Berhenti Merokok

(foto: scphysiciangroup.com)
Merokok sudah menjadi kegiatan rutin yang sangat sulit sekali dilepaskan. Bahkan, beberapa pecandu rokok mengatakan kalau berhenti merokok itu rasanya mustahil.

Sebenarnya, berhenti merokok itu tidak terlalu sulit aslkan ada pendirian teguh dan tekad yang kuat. Faktor lingkungan juga mempengaruhi seseorang merasa sangat sulit berhenti merokok dan masih banyak faktor lainnya.

Di samping itu, beberapa makanan juga bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Makanan-makanan ini memiliki sifat anti nikotin yang bisa membuat Anda merasa tidak nikmat ketika merokok.

Makanan apa saja itu? Berikut ulasannya seperti dilansir Wow Menariknya dari thehealthsite.com.

1. Ginseng


Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ginseng Research melaporkan bahwa ginseng dapat mencegah pelepasan neurotransmitter dopamine, yang memberi kesenangan ketika Anda merokok sebatang rokok. Bila dikonsumsi secara teratur, ginseng dapat mengurangi tingkat kenikmatan yang Anda terima dari rokok.

2. Seledri, mentimun dan wortel


Sayuran seperti seledri, mentimun dan wortel dapat memberikan rasa pahit sebelum Anda merokok, sehingga membantu Anda menyerah terhadap kecanduan rokok.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of General Internal Medicine, para peneliti juga mengklaim bahwa sayuran ini bisa membuat salah satu bagian dari diet harian Anda dan mengurangi ketergantungan terhadap nikotin.

3. Makanan kaya vitamin C


Rokok membuat Anda kekurangan vitamin C, yang pada akhirnya dapat membuat Anda kecanduan nikotin. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health, menyebutkan bahwa makanan kaya vitamin C seperti jeruk , jambu biji dan buah, dapat mengurangi Anda dari kecanduan rokok.

4. Teh chamomile


Teh chamomile tidak hanya baik untuk menenangkan saraf, tetapi juga membantu mengurangi kecanduan Anda terhadap nikotin. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Laporan Kedoktera Molekuler, teh herbal ini juga mengandung tingkat antioksidan tinggi, sehingga membantu mengurangi tingkat radikal bebas yang terdapat dalam kandungan rokok.

5. Jahe


Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicie, ketika Anda mencoba untuk berhenti merokok, Anda mungkin sering mengalami mual. Dengan rutin mengkonsumsi jahe, Anda bisa menghilangkan kebiasaan mual itu dan juga membantu menghilangkan kelebihan racun dari tubuh Anda
X