4 Tahayul Tentang Gerhana Matahari Yang Berlebihan

Mitos tentang Gerhana Matahari Total (foto: eclipsetours.com)

Indonesia menjadi satu-satunya saksi bisu Gerhana Matahari Total (GMT) yang diprediksi akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Setidaknya, ada 11 provinsi di Tanah Air yang akan dilewati GMT.

Sementara ilmu pengetahuan menyebut fenomena gerhana matahari sebagai fenomena alam yang sudah biasa terjadi,  beberapa kalangan masyarakat di berbagai belahan dunia memiliki cerita yang bisa dibilang tak masuk akal ketika gerhana matahari datang.

Berikut Wow Menariknya berhasil mengumpulkan beberapa tahayul tentang gerhana matahari yang dianggap berlebihan. Mitos-mitos ini masih dipercayai banyak masyarakat sampai sekarang.

4. Naga menelan matahari


Di Tiongkok, peristiwa gerhana matahari dihubungkan dengan seekor naga yang mencoba menelan matahari. Untuk menakuti naga agar tidak jadi melahap matahari, warga biasanya ramai-ramai membunyikan suara keras, seperti menabuh drum dan menyalakan petasan.

Tradisi ini sudah berlangsung selama ribuan tahun lalu, dan sampai sekarang masih dilaksanakan masyarakat Tiongkok setiap gerhana matahari akan datang.

3. Setan menelan matahari


Jika di Tiongkok naga yang menelan matahari, maka di India dua setan yakni Ruhu dan Ketu yang diyakini menelan matahari sehingga terjadi gerhana. Warga India percaya ketika gerhana terjadi, wanita hamil disarakan untuk tidak keluar rumah karena bayinya bisa terlahir cacat. Masyarakat juga dianjurkan untuk mandi di sungai agar terhindar dari efek negatif gerhana matahari.

2. Matahari ditelan Batara Kala


Dalam mitos Jawa, gerhana matahari dipercaya terjadi karena raksasa Batara Kala menelan matahari karena memiliki dendam kepada surya. Masyarakat percaya kalau gerhana matahari sedang berlangsung, wanita hamil dan anak-anak tidak boleh keluar rumah untuk menghindari Batara Kala.

1. Pertanda bencana alam dahsyat


Banga Yunani kuno percaya kalau gerhana matahari sebagai tanda akan datangnya bencana dahsyat dan kerusakan di muka bumi. Masyarakat Eropa juga percaya kalau gerhana matahari bisa menyebabkan gempa bumi dan gunung meletus. Meskipun demikian, tidak ada bukti ilmiah yang bisa membuktikan gerhana matahari dapat menyebabkan bencana.

Itulah beberapa tahayul tentang gerhana matahari yang dianggap tidak masuk akal. Walaupun begitu, gerhana matahari merupakan fenomena alam yang sudah menjadi kekuasaan Tuhan.
X