Tragis, Bocah 4 Tahun Ini Divonis Hukuman Penjara Seumur Hidup

Ahmed Mansour Karmi (foto: BBC)

Pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang bocah berusia empat tahun karena dituduh telah melakukan pembunuhan berencana ketika usianya baru 1 tahun. Kok bisa?

Menurut The Independent, Jumat (19/2/2016), bocah bernama Ahmed Mansour Karmi itu dituduh telah melakukan empat kali pembunuhan, delapan kali percobaan pembunuhan, merusak properti, serta mengancam polisi dan tentara, sebelum ulang tahun keduanya.

Ahmed adalah salah satu dari 115 terdakwa yang semuanya dijatuhi hukuman seumur hidup pada waktu yang sama di pengadilan di Kairo untuk kejahatan yang dilakukan pada tahun 2014 lalu.

Pengacara Ahmed, Faisal al-Sayd, mengatakan kepada Jerusalem Post bahwa nama anak itu masuk dalam daftar terdakwa karena kesalahan. Tapi pengadilan tidak membaca keseluruhan akte kelahiran Ahmed, yang membuktikan bahwa ia lahir pada bulan September 2012.

"Akte kelahiran Ahmed Mansour Karmi disajikan setelah pasukan keamanan negara menambahkan namanya ke dalam daftar terdakwa, tapi kemudian kasus ini dipindahkan ke pengadilan militer dan anak ini dijatuhi hukuman pada persidangan berikutnya," jelas Faisal.

"Ini membuktikan bahwa hakim tidak membaca kasus ini," tambahnya. Sementara pengacara lain mengatakan bahwa tidak ada keadilan di Mesir.

Mesir sekarang sedang berada di bawah perintah diktator Presiden Abdel Fatah al-Sisi, yang mulai berkuasa sejak Mohammed Morsi digulingkan pada tahun 2013. Sekitar 40.000 penduduk oposisi saat ini dipenjara karena perbedaan pendapat dengan pemerintah.
X