Ternyata, Robot Diciptakan Pertama Kali Oleh Ilmuwan Muslim

Ilustrasi Ibnu Ismail Al Jazari

Robot merupakan sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fidik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia maupun menggunakan program yang telah dirancang terlebih dahulu. Istilah robot berawal dari bahasa cheko yaitu "robota" yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah dan bosan.

Seperti yang kita ketahui jika kita membicarakan tentang robot maka kita akan teringat oleh sebuah negara yaitu Jepang. Ya, Jepang merupakan penghasil robot-robot cerdas yang dapat menggantikan semua aktivitas manusia untuk mengerjakan sesuatu.

Namun ternyata, pencetus robot modern pertama kali bukanlah para ilmuwan asal Jepang, melainkan ilmuwan muslim bernama Ibnu Ismail Al Jazari yang memiliki nama lengkap Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari bertempat tinggal di Diyar Bakir, Turki selama abad kedua belas.

Robot musik

Pada awalnya Al-Jazari mengabdi pada raha-raja Urtuq atau Artuqid Bakir sejak 1174-1200 sebagai ahli teknik. Pada saat itu ia mampu menciptakan robot manusia atau bisa disebut humanoid yang bisa diprogram. Pada saat itu ia mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakan mesinnya yang kemudian dikenal sebagai mesin robot.

Bukan hanya itu, Al-Jazari pun mampu menciptakan mesin robot berbentuk sebuah perahu terapung disebuah danau yang kemudian ditumpangi oleh empat buah robot berisiskan pemain musik. Robot ini diciptakan untuk menghibur semua tamu dalam suatu acara jamuan makanan dan minuman. Robot yang ia ciptakan mampu memainkan musik seperti manusia sungguhan. Suara yang dihasilkanpun terdengar sangat indah.

Robot gajah dan keran air otomatis

Selain robot yang mahir memainkan musik ia pun mampu menciptakan pencuci tangan otomatis. Pencuci tangan otomatis itu dapat berfungsi tanpa harus memutarkan keran air yang tersedia. Sampai saat ini pencuci tangan otomatis ini masih banyak digunakan pada toilet-toilet umum.

Semua hasil teknologi yang ia ciptakan mencapai 50 jenis dan itu semua ia kumpulkan kemudian ditulis dalam sebuah kitab berjudul "The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices", dan itu semua mebuat seorang ahli teknis asal Inggris terkagum-kagum oleh semua hasil yang diciptakan Al Jazari.

Karya yang membuat ilmuwan Inggris terkagum-kagum adalah sebuah jam gajah yang dapat beroperasi menggunakan tenaga air dan berat benda untuk menggerakan secara otomatis sistem mekanis yang terdapat di dalam sebuah jam. Jam ini diciptakan pada tahun 1206 namun saat ini kita dapat melihat sebuah replika dari jam tersebut di Science Museum, London.
X