Ternyata, Mendengarkan Jenis Musik Ini Dapat Meredakan Nyeri Sendi

Ilustrasi (foto: publicbroadcasting.net)

Sebuah penelitian di Cleveland Clinic Foundation di Ohio menyebutkan bahwa orang yang mendengarkan musik selama satu jam sehari dalam seminggu, terbukti dapat mengurangi stres dan rasa nyeri di tubuh, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mendengarakan musik.

Dalam penelitian lain yang diterbitkan dalam Clinical Rheumatology juga mengatakan banyaknya manfaaat dari mendengarkan musik. Selama proses penelitian, mereka mencatat bahwa mendengarkan musik bisa meredakan nyeri sendi karena osteorathritis dan juga peserta terlihat lebih nyaman hingga detak jantungnya menjadi lebih lambat.

Otak bereaksi terhadap musik yang didengarkan dan merangsang area otak yang dapat meredakan rasa sakit alami tubuh. Daerah otak tesebut disebut the periaqueductual gray (PAG) atau pusat otak yang dapat mempengaruhi opoid kita sendiri.

Dilansir Onlymyhealth.com, jenis musik klasik lah yang dapat meredakan nyeri sendi, musik klasik telah terbukti bisa mengurangi rasa sakit dari osteorathis kronis.

Alsanya bahwa irama musik klasik dapat meniru detak jantung dengan memperlambat selama 70 denyut permenit, suara yang dihasilkannya dapat membawa ketenangan pada hati seseorang. Tentu hal itu dapat mempengaruhi keadaan tubuh.
X