Misteri Pembangunan Piramida Sudah Dijelaskan Dalam Alquran

Piramida Giza, di Kairo, Mesir (foto: Livescience.com)

Banyak ilmuwan yang bingung bagaimana orang-orang Mesir zaman dulu membuat bangunan sebesar piramida. Berbagai macam penelitian pun dilakukan untuk menguak rahasia pembangunan makam raja-raja Mesir ini.

Jauh sebelum para ilmuwan melakukan penelitian tentang pembangunan piramida, Alquran sudah terlebih dahulu menjelaskannya dalam surah al-Qashash (28) ayat 38.

"Dan Firaun berkata, 'Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka, bakarlah Hai Haman untukku tanah liar, kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa. Dan, sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang berdusta."

Ada dua penjelasan dari ayat tersebut, yang pertama alasan Firaun membangun Piramida dan yang kedua bagaimana cara Firmaun membuat piramida.

Firaun menyuruh para budaknya untuk membangun piramida agar bisa melihat Tuhan Nabi Musa ke langit. Dia ingin membuktikan apakah Tuhan Nabi Musa ada di atas atau tidak.

Bagian kedua, pada penggalan ayat tersebut dijelaskan, "Maka bakarlah Hai Haman untukku bangunan yang tinggi." Dalam ayat ini, Alquran menjelaskan dengan lugas bahwa piramida terbuat dari tanah liat yang dibakar.

Apakah penjelasan itu sesuai dengan ilmiah?

Seorang wartawan koran Amerika Times dalam edisi 1 Desember 2006 menyebutkan, para ilmuwan menyatakan bahwa piramida terbuat dari tanah liat yang dibakar.

Menurut ilmuwan Amerika dan Prancis, Profesor Gilles dan Profesor Barsoum, memaparkan piramida terbesar yang ada di Giza terbuat dari dua jenis batu, yaitu batu dari alam dan batu-batu yang dibuat secara manual.

Batuan piramida (foto: foxnomad.com)

Menurut mereka, model batu manual dibuat dengan cara dibakar di bawah kayu, lalu kayu tersebut dipanaskan sehingga membentuk batu yang memiliki struktur keras.

Dalam penelitian yang diterbitkan majalah Journal of American Ceramic Society menyebutkan bahwa Firaun menggunakan jenis tanah slurry untuk membangun monumen tinggi, demikian pula dengan piramida.

Batu-batu besar yang membentuk piramida tersebut terbuat dari tanah liar yang dibakar, percis seperti yang disebutkan dalam ayat di atas.

Subhanallah, Alquran yang diturunkan 14 abad tahun lalu bisa menjelaskan bagaimana piramida dibuat, jauh sebelum para ilmuwan melakukan penelitian tersebut.

Sumber: dari berbagai sumber
X