Mengenal Orang Indonesia Pertama Yang Jadi Imam Besar Di Masjidil Haram


Mungkin hanya orang Arab saja yang bisa jadi imam besar di Masjidil Haram. Tapi tahukah Anda bahwa ada orang Indonesia pertama yang pernah menjadi imam di masjid yang terletak di Mekkah, Arab Saudi itu?

Warga Indonesia keturunan Minangkabau, asal Sumatera Barat, Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, adalah ulama besar Indonesia yang pernah menjadi imam, khatib, dan guru besar di Masjidil Haram, pada akhir abad ke-19.

Syaikh Ahmad lahir pada 26 Juni 1860 dan pergi ke Mekkah pertama kalina saat usianya baru 9 tahun. Dia mendapat gelar mufti bermahzab Syafi'i yakni ulama yang memberikan wewenang untuk memberikan fatwa.

Muridnya saja mencapai ratusan ribu orang. Dua di antaranya adalah Kyai Haji Hasyim Asy'ari yang mendirikan organisasi Nahdatul Ulama, dan Kyai Haji Ahmad Dahlan yang mendirikan Muhammadiyah.


Syaikh Ahmad sangat menguasai ilmu fiqih. Tak hanya itu, ia juga menguasai sejarah, aljabar, ilmu falak, dan geometri. Sejak kecilnya saja, ia sudah khatam dan hafal beberapa juz Al-Quran.

Mendapat jabatan sebagail imam besar Masjidil Haram bukanlah perkara mudah. Jabatan ini hanya diperuntukkan orang-orang yang memiliki keilmuan yang tinggi.

Beliau meninggal pada 13 Maret 1916, di usia 55 tahun. Meskipun ia sudah tidak ada, namanya masih terukir di hati para muridnya dan ornag-orang yang pernah mengenalnya.
X