Jika Menemukan Ini, Jangan Beli Tabung Gas LPG 3 Kg

Tabung gas LPG 3 kg yang ada besi pemberat (foto: Facebook)

Beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan beredarnya kabar praktik kecurangan para penjual tabung gas LPG 3 kg. Kabar itu diperkuat dengan sebuah foto tabung LPG 3 kg yang di bagian atasnya terdapat lempengan logam.

Menurut salah seorang netizen yang mengunggah foto tersebut di media sosial, mengatakan bahwa lempengan logam itu digunakan untuk merakayasa berat tabungnya. Sehingga pelaku bisa mengurangi jumlah isi tabung dengan leluasa.

"Sekedar informasi saja Lurr, kalo beli gas 3 kg jangan diambil tabung seperti yang saya tunjuk ini. karena besi yang ditempel itu maksudnya untuk mengurangi berat gas. Terkadang ada juga yang sampai 3 tempelan besi. 1 tempelan itu beratnya 3 sampai 5 ons," kata akun Weleri Reni Ra dalam postingan Facebook-nya.

Reni juga menjelaskan bahwa jika tabung gas LPG 3 kg ada besi seperti itu, maka tabung tersebut sudah masuk bengkel tabung dan dikurangi jumlahnya. Dia menyarankan untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum membeli tabung LPG 3 kg.

Sebelumnya, kecurangan penjualan gas 3 kg juga pernah terjadi. Mantan ketua Tim  Reformasi dan Tata Kelola Migas Faisal Basri menjelaskan bahwa setiap tabung gas 3 kg tidak diisi penuh dengan menyisakan ruang 5 sampai 10 persen. Diperkirakan para penjual nakal mendapat keuntungan sebesar Rp 300 dari setiap penjualan tabung LPG 3 kg.
X