Ini Negara Yang Paling Banyak Di Bom Amerika Serikat

Ilustrasi pesawat pembom (foto: jalopnik.com)

Pernahkah Anda bertanya-tanya negara mana yang paling banyak di bom oleh Amerika Serikat? Sewaktu Perang Vietnam empat dekade lalu, Laos merupakan negara yang paling banyak di bom oleh AS.

Jika ditotalkan, AS telah melakukan 600 ribu misi pemboman selama perang tersebut. Jumlah bom yang dijatuhkan di setiap misinya mencapai ratusan dan melibatkan banyak pesawat. Dapat disimpulkan, Laos telah dihujani kurang lebih 6 juta bom.

Oleh karena itu Laos dijuluki sebagai negeri yang paling banyak dihujani bom per kapita di dunia. Sudah dipastikan banyak penduduk Laos yang tewas akibat serangan bom ini.

Bekas bom di Laos (foto: Ist)

Menurut catatan sejarah seperti dilansir dari berbagai sumber, AS melakukan perang rahasia di Laos dengan misi pemboman yang sangat banyak. Bom yang digunakan di antaranya bom konvensional, bom napalm dan bom curah.

Mirisnya lagi, tidak ada satu desa pun di negeri ini yang tidak terkena ledakan bom. Sampai sekarang bekas bom yang meledak masih ada yang tersisa, dan setiap desa juga ditemukan sisa bom yang tak meledak.

(foto: Ist)

AS mulai menjatuhkan bom ke Laos setelah Vietnam Utara menggunakan wilayah Laos dan Kamboja untuk menyusup ke serdadu Vietnam Selatan.

Selain itu, banyak pula warga Laos yang jadi korban karena sisa-sisa bom yang tidak meledak. Jika pun tidak meninggal, mereka kehilangan anggota tubuhnya dan cacat seumur hidup.
X