Ini Alasan Kenapa Berjalan-Jalan Di Pagi Hari Sangat Penting

Berjalan di pagi hari (foto : indiatimes.com)
Selain makanan dan lingkungan, tubuh juga membutuhkan gerak agar tetap sehat. Banyak cara yang dilakukan agar tubuh dapat bergerak. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Di era ini, nampaknya banyak masyarakat yang enggan berolahraga, padahal ada olahraga itu murah sekaligus mudah. Dengan berlari atau hanya sekedar berjalan-jalan di pagi hari, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat menakjubkannya.

Berikut alasan kenapa berjalan-jalan di pagi hari itu sangat penting, seperti dilansir Wow Menariknya dari listaka.com.

9. Membuat tubuh energik dan dinamis

Jalan-jalan pagi dapat menjadi sumber energi yang cukup bagi tubuh. Berjalan di pagi hari akan memberikan efek semangat dan akan membuat hari menjadi lebih aktif. Setelah berjalan-jalan, aliran darah akan terasa lancar dan tubuh menjadi fit, sehat serta enerjik.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berjalan di pagi hari membuat tubuh menghirup lebih banyak oksigen dan mengeluarkan racun dari tubuh. Saat racun dikeluarkan, sistem kekebalan tubuh meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jalan-jalan pagi akan memberikan asupan oksigen lebih banyak yang membuat darah menjadi lebih bersih. Hal inilah yang membuat jantung menjadi lebih sehat, tingkat kolestrol dalam tubuh stabil dan mengurangi lemak dalam tubuh.

6. Mencegah hipertensi

Berjalan di pagi hari adalah suatu tips agar sirkulasi dan tekanan darah tetap stabil. Berjalan dengan rutin di pagi hari juga dapat menghilangkan stres dan terhindar dari penyakit.

5. Meningkatkan kemampuan berpikir otak

Seorang pejalan pagi di pagi hari memiliki pikiran yang tajam, karena saat berjalan di pagi hari ia mendapat oksigen lebih banyak untuk otak. Suplai oksigen inilah yang menjadi penguat sistem berpikir otak.

Bukan hanya itu, mereka yang biasa berjalan-jalan di pagi hari cenderung aktif dalam segala bidang sepanjang harinya.

4. Tidur lebih nyenyak

Saat berjalan-jalan di pagi hari, jangan khawatir kurang tidur karena harus bangun di pagi hari. Karena, setelah hari itu berakhir, tubuh akan benar-benar lelah secara keseluruhan dan otak benar-benar bekerja dengan maksimal.

Saat malam hari, tidur akan menjadi lebih nyenyak karena otak dan tubuh merasa lelah setelah bekerja maksimal seharian.

3. Sirkulasi darah serasi

Sirkulasi darah akan menjadi lebih cepat jika berjalan dengan cukup cepat di pagi hari. Hal ini tentu saja mengurangi berbagai macam risiko penyakit yang diakibatkan karena kurangnya aktivitas fisik.

2. Mencegah diabetes

Berjalan di pagi hari akan mengurangi risiko peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan, seorang pasien diabetes disarankan untuk berjalan di pagi hari sebagai salah satu cara mengontrol gula darah mereka.

Hal ini juga menunjukan bahwa pasien penderita diabetes yang secara teratur berjalan-jalan di pagi hari kemungkinan tingkat gula darah mereka akan kembali normal.

1. Membantu mengurangi berat badan

Mengurangi berat badan tentu sangat diinginkan kebanyakan orang apalagi bagi mereka "si tukang makan". Mereka cenderung makan banyak dan jarang bergerak. Hal ini tenu sesuatu yang buruk bagi tubuh.

Jalan-jalan pagi memang terdengar sangat sederhana, namun dengan hanya berjalan-jalan kalori akan terbakar dan akhirnya berat badan akan berkurang. Berat badan tentu sangat penting karena kesehatan seseorang dapat diukur dari ukuran berat badannya.
X