Fantastis, Durian Bawor Dihargai Rp 1 Juta Per Buah

Durian bawor (foto: pusatbibitdurian.com)

Bila duiran biasanya dihargai Rp 50.000 sampai Rp 100.000 per buah, namun berbeda dengan durian bawor yang bisa dihargai satu juta rupiah per buahnya. Apa sih keistimewaan durian bawor?

Pada perhelatan Durian Fair 2016 yang digelar di Blok M Square, Jakarta Selatan, ada durian yang memiliki bobot sampai 15 kilogram. Tak lain, durian tersebut adalah durian bawor, asal Banyumas, Jawa Tengah.

Durian bawor memiliki ukuran yang sangat besar, daging buah yang tebal dan berwarna oranye dengan biji yang kecil dan tipis. Harganya saja per buah bisa mencapai Rp 1 juta.

Aji, salah satu penjaga stand Duran Bawor di Durian Fair 2016, mengatakan bobot maksimal durian ini bisa mencapai 15 kg, dengan harga per kilogramnya dipatok sebesar Rp 75 ribu. Jadi, untuk menikmati sebutir durian bawor, Anda setidaknya harus mengeluarkan uang Rp 1 juta.

"Kita juga jual bibitnya karena banyak yang nyari," kata Aji, seperti dilansir suara.com (28/2/2016).

Daging durian bawor (foto: durianunggul.wordpress.com)

Aji mematok harga sekitar Rp 75 ribu untuk satu bibit durian bawor. Menurutnya, tanaman ini mulai bisa dipanen empat tahun kemudian. Sementara untuk bibit yang berusia sedang, Aji mematok harga sekitar Rp 150 ribu dan diperkirakan bisa dipanen tiga tahun kemudian.

Wah, yakin Anda tidak akan mabuk jika makan durian bawor sendirian?
X