Batu Ini Dapat Memancarkan WiFi Dengan Cara Dibakar, Ko Bisa?


Di sebuah area hutan terbuka di Springhornof, Neuenkirchen, Jerman, terdapat sebuah batu besar yang terlihat biasa-biasa saja. Tapi sebenarnya batu ini bisa memancarkan WiFi dengan cara dibakar.

Seperti dilansir dari amusingplanet.com, batu seberat 1,5 ton ini sebenarnya merupakan sebuah hasil karya seni yang diberi nama "Keepvalive" yang dibuat oleh Aram Bartholl. Batu tersebut merupakan asli dari alam, tetapi ia modifikasi untuk menyembunyikan router WiFi di dalamnya yang didukung oleh generator thermoelectric yang dapat mengubah suhu panas menjadi listrik.


Pengunjung dapat mencoba membuat api di sebelah batu tersebut untuk menghidupkan router di dalamnya. Setelah menyala pengujung dapat menghubungkannya menggunakan smartphone dan kemudian bisa digunakan untuk browsingan atau mendownload.

"Keepalive"  dibuat di daerah terpencil, maka sebelum berkunjung pengunjung harus meminta ijin terlebih dahulu kepada pemilik tanah, agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyalakan api sembarangan. Judul, "Keepalive" berasal dari istilah teknis untuk pesan yang dikirim antara perangkat internet untuk memeriksa konektivitas internet.


Seniman asal Berlin itu rupanya pernah menciptakan sebuah jalur akses data berbagi serupa yang disebut "Dead Drops" pada tahun 2010 silam. Drive berupa USB ini tertanam pada sebuah dinding publik yang dapat diakses oleh banyak orang. Drive tersebut masih bersarang di sisi bangunan di New York City.
X