Anda Akan Menyesal Jika Membuang Kulit 5 Buah Ini

Kulit pisang (foto: wikipedia.org)

Buah-buahan memang digemari banyak orang, tapi kebanyakan orang tidak suka memakan kulitnya karena dianggap kurang enak. Padahal, beberapa buah-buahan memiliki kulit yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi.

Manfaatnya saja tak kalah dengan dagingnya, seperti bisa melewan kanker, menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda jangan suka membuang kulit buah-buahan ini.

Setelah mengetahui manfaatnya di bawah ini, mungkin Anda akan menyesal karena suka membuang kulit buah-buahan ini.

1. Kulit Apel

Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan mengupas apel dengan hanya memakan bagian dagingnya saja. Ya, apel yang baru dipetik memang mengandung bahan zat kimia dan bisa membahayakan, tapi mencuci dengan bersih itu sudah cukup membantu.

Kulit apel mengandung jumlah kadar antioksidan yang luar biasa, yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa kulit apel dapat mencegah perkembangbiakan beberapa jenis kanker dan mempermudah bagi seseorang yang sedang diet.

2. Kulit Lemon

Lemon merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, biasanya lemon sering kita gunakan hanya memanfaatkan air perasanya dan membuang kulitnya begitu saja. Tak hanya kaya akan vitamin C, kulit lemon juga mengandung senyawa yang mampu melawan kanker seperti salvestrol Q40 dan limonene.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition juga mengatakan bahwa kulit lemon memiliki efek dapat menurunkan kolesterol pada tubuh.

3. Kulit Anggur

Kulit anggur kaya akan anthocyanin, pigmen yang dapat memberikan warna pada buah ini. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences mengatakan bahwa anthocyanin dalam kulit anggur memiliki sifat kardioprotektif dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Pharmacology juga mengatakan bahwa kulit buah anggur hitam memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

4. Kulit Pisang

Kulit pisang memang tak lazim kita konsumsi, tetapi bila mengetahui kandungan di dalamnya ternyata kulit pisang mengandung polifenol, karotenoid dan antioksidan yang sangat tinggi. Karena adanya kandungan antioksidan ini, kulit pisang dapat melawan stres oksidatif dan mencegah kerusakan sel.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medical Association of Thailand mengatakan bahwa kulit pisang juga memiliki sifat anti inflamasi dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit inflamasi.

5. Kulit Jambu

Kulit jambu kaya akan serat, antioksidan, dan enzim pektinase yang sangat penting untuk pencernaan. Pektinase juga dikenal dapat meningkatkan komposisi bakteri usus. Tak hanya itu kulit jambu memiliki sifat anti diabetes dan anti glycemic yang berarti dapat membantu mengontrol glukosa darah untuk mengelola diabetes.

Sumber: Thehealthsite.com
X