Ada Manfaat Kesehatan Di Balik Seramnya Pohon 'Darah' Ini

Pohon Darah

Anda pasti tahu jika tubuh manusia atau hewan terluka maka akan mengeluarkan darah. Namun, apakah Anda pernah melihat tumbuhan mengeluarkan darah? Pastinya Anda belum pernah melihatnya.

Di Afrika Selatan, ada pohon yang dijuluki pohon berdarah karena memiliki getah berwarna merah gelap seperti darah. Pohon tersebut adalah Kiaat atau sejenis pohon jati yang memiliki nama latin Pterocarpus angolensis.

Alih-alih sangat menyeramkan karena bisa mengeluarkan getah mirip darah, pohon ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho.


Melansir dari laman RocketNews24, getah 'darah' pohon ini ternyata sudah digunakan sebagai bahan obat tradisional China sejak ratusan tahun lalu silam.

Getah pohon ini dipercaya bisa menyembuhkan luka dengan cepat, melancarkan peredarah darah, mengurangi rasa sakit, serta baik sebagai obat luar maupun obat dalam. Sementara itu belum ditemukan apa dampak negatif getah darah pohon ini.


Pohon darah atau bleedwood dapat tumbuh mencapai 12-18 meter. Kulit pohon ini memiliki tekstur kasar dan berwarna kecokelatan.
X