6 Negara Yang Tidak Memiliki Pasukan Militer


Setiap negara pasti memiliki pasukan militer untuk menjaga keamanan negara mereka dari serangan negara lain. Misalnya saja China yang memiliki pasukan militer terbesar di dunia, yakni 1.600.000 personel tentara, untuk mengamankan negaranya dari serangan pihak luar.

Lantas apa jadinya jika sebuah negara tidak memiliki pasukan militer? Pastinya negara tersebut akan dengan mudah diserang oleh negara lain. Tapi pada kenyataannya, memang ada beberapa negara yang tidak memiliki pasukan militer sama sekali.

Berikut dikutip Wow Menariknya dari Wonderlists, enam negara yang tidak memiliki pasukan militer. Meskipun demikian, negara-negara ini aman-aman saja dari serangan negara luar.

6. Samoa


Negara yang terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil ini tidak memiliki pasukan militer sama sekali. Hanya ada polisi yang bertugas menjaga keamanan di negara ini, itu pun dalam jumlah yang sangat sedikit.

5. Tuvalu


Sejak awal didirikannya negara ini, tidak ada pasukan militer yang dibentuk. Tetapi mereka tetap mempunyai unit polisi kecil dan sebuah Unit Pengawasan Maritim untuk menjaga keamanan internal negara ini. Unit ini hanya dibekali senjata biasa-biasa saja alias bukan senjata canggih.

4. Kepulauan Solomon


Solomon tetap mempertahankan pasukan militernya jika ada konflik yang sangat berat. Tidak ada militer yang dipertahankan di negara ini, namun mereka memiliki pasukan polisi yang cukup besar dilengkapi dengan senjata ringan. Mereka juga tetap mempertahankan dua kapal patroli kelas Pasific, yakni Auki dan Lata.

3. Liechtenstein


Negara ini telah menghapus pasukan tentar mereka pada tahun 1868 karena dianggap terlalu mahal. Militer hanya diperbolehkan pada masa perang saja, namun situasi ini belum pernah terjadi. Tetapi, Kerajaan Lienchtenstein tetap mempertahankan hukum dan tim khusus yang dilengkapi dengan senjata kecil untuk ditugaskan menjaga keamanan kerajaan ini.

2. Grenada


Grenada belum memiliki pasukan darat sejak tahun 1983 karena asosiasi invasi mereka dipimpin oleh Amerika. Badan Kepolisian Kerajaan Grenada mempertahankan unit layanan khusus militer yang ditugaskan untuk keamanan kerajaan itu. Pertahanan di sana merupakan tanggung jawab dari Sistem Keamanan Regional.

1. Andorra


Andorra tidak memiliki tentara, namun mereka telah menandatangani perjanjian dengan negara Eropa seperti Prancis, untuk meminta perlindungan bagi negaranya. Terdapat sedikit tentara relawan, tetapi itu hanya untuk operasi seremonial saja.
X