6 Gejala Awal Kanker Yang Sering Diabaikan

Batuk (foto: bbc.co.uk)

Kita semua tahu kanker adalah penyakit yang sangat mematikan dan sulit disembuhkan jika sudah terlanjur parah. Satu-satunya cara mengobati kanker adalah dengan mengenali gejala-gejala awal kanker.

Jika gejala awal kanker sudah dikenal, kemungkinan besar kanker tersebut segera bisa diobati dan kemungkinan besar bisa sembuh total kembali. Namun sayang, banyak orang yang menyepelekan gejala awal kanker.

Rata-rata orang tidak tahu tentang gejala awal kanker dan sering mengabaikannya. Padahal, tanda-tanda awal ini jika dibiarkan bisa jadi sel kanker yang ganas dan sulit untuk disembuhkan. Dilansir dari safebee.com, berikut enam gejala awal kanker yang sering diabaikan.

1. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan yang berlebihan terjadi tanpa ada proses penurutan berat badan, seperti berolahraga atau diet. Jika Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk memeriksanya.

Menurut American Cancer Socienty (ACS), di antara masalah medis lainnya seperti parasit atau tiroid yang terlalu aktif, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, merupakan tanda kanker perut, kerongkongan, pankreas atau paru-paru.

2. Demam

Demam dapat membantu Anda untuk melawan infeksi. Namun, jika demam terus berkelanjutan, mungkin dapat menunjukkan gejala kanker seperti limfoma non-Hodgkin. Jika suhu tubuh Anda mencapai 103 derajat F atau lebih tinggi lagi, sebaiknya Anda segera memeriksanya.

Menurut National Cancer Institute, gejala lain dari limfoma non-Hodgkin yaitu kehilangan berat badan, berkeringan di malam hari, batuk, dan pembengkakkan kelenjar getah bening.

3. Masalah menelan

Jika Anda kesulitan menelan terus menerus, segeralah memeriksanya. Hal ini dapat disebabkan oleh asam refluks atau bisa menjadi tanda-tanda dari kanker kerongkongan, tenggorokan atau perut.

4. Suara serak dan batuk

Suara tiba-tiba serak, dan batuk tak kunjung berhenti? Alangkah baiknya Anda segera mencari bantuan medis. Suara serak dapat menjadi gejala dari kanker laring atau kelenjar tiroid, dan batuk yang mengganggu dapat menjadi gejala kanker paru-paru.

5. Luka kulit yang tak kunjung sembuh

Jika Anda melihat tahi lalat yang berubah, periksalah ke dokter karena ditakutkan itu adalah gejala kanker kulit. Perubahan kulit lainnya, termasuk perubahan pigmen, perubahan kulit yang terlihat merah, seperti bintik-bintik, tahi lalat atau kutil, juga bisa menjadi gejala awal kanker kulit.

6. Lelah terus menerus

Jika tubuh Anda tidak terasa segar setelah bangun tidur malam, sebaiknya Anda waspada. Kelelahan yang tak kunjung hilang bisa menjadi gejala awal leukemia, kanker usus besar atau kanker perut.
X