5 Negara Yang Tak Disangka Penduduk Muslimnya Bertambah Pesat

Penduduk Muslim di India (foto: India.com)

Indonesia memang bukan negara Islam, tapi Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia. Tapi kelihatannya gelar tersebut bisa terancam oleh beberapa negara ini yang memiliki pertambahan penduduk muslim paling pesat.

Menurut data yang dicatat lembaga survei Pew Research Center dari Amerika Serikat, seperti dikutip merdeka.com (2/2/2016), Islam akan mencapai 34,9 persen dari total populasi dunia pada tahun 2070.

Diyakini bahwa jumlah umat Islam akan melebihi jumlah penganut agama Kristen yang selama beberaba abad dominan. Langsung saja, berikut lima negara yang mengalami pertumbuhan penduduk Muslim paling cepat, menurut data Pew seperti dilansir dari merdeka.com.

5. China

(foto: chinadaily.com.cn)

Negara pertama yang mengalami pertumbuhan penduduk Muslim terpesat adalah Republik Rakyat China (RRC). Menurut data sensus lima tahun lalu, penduduk Muslim di China sudah menembus 50 juta jiwa, tiga kali lipat dibanding sensus tahun 2000.

Warga etnis Uighur, Hui, dan Kazakh, merupakan mayoritas penduduk Islam di China. Namun sayang, kebebasan beragama di China tak berbanding lurus dengan perkembangan penduduk Muslim di sana. Setiap tahunnya, warga etnis Uighur di Provinsi Xinjiang mengalami penindasan rutin dari pemerintah pusat Beijing.

4. Kanada

(foto: vosizneias.com)

Posisi keempat di tempati Kanada. Negara tetangga Amerika Serikat ini mengalami pertumbuhan penduduk Islam yang pesat dikarenakan lonjakan imigran selama dua dekade terakhir.

Dalam sensus yang dilakukan oleh Badan Statistik Kanada pada tahun 2013, populasi umat Muslim melampaui agama-agama lain. Sedangkan menurut survei Rumah Tangga Nasional dua tahun lalu, penduduk Islam tumbuh melebihi jumlah warga Kanada yang ateis atau tidak beragama.

Pada tahun 1932, masjid pertama di Kanada dibangun. Dan pada tahun 2015, di Kota Toronto saja sudah ada 20 masjid dengan 20 ribu umat Muslim di sana. Tercatat, jumlah umat Islam di Kanada mencapai 1.053.945 jiwa atau 3,2 persen dari total populasi penduduk.

3. Rusia

(foto: muslimvillage.com)

Populasi Muslim di Negeri Beruang ini berjumlah sekitar 21-28 juta jiwa. Dengan jumlah sebanyak itu, Islam merupakan agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks.

Lembaga Pew meramal bahwa Rusia akan menjadi salah satu negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Hal itu dilihat dari beberapa faktor, salah satunya pembangunan masjid yang pesat di ibukota Moskow.

Sementara itu, komunitas Islam di Rusia terbagi dalam dua kelompok besar, di mana kelompok pertama berada di sekitar Volga-Ural, Siberia Barat dan Moskow. Dan kelompok yang kedua berada di Kaukasus Utara.

Etnis Muslim terbesar di Rusia berasal dari suku Tatar yang berjumlah 7 juta jiwa, Bashkirs 1,5 juta, dan Chechen 1 juta jiwa.

2. Inggris

(foto: huffingtonpost.co.uk)

Siapa sangka pertumbuhan penduduk Muslim di Inggris akan berkembang pesat. Penduduk Muslim di Inggris mencapai 3 juta jiwa. Dengan jumlah sebanyak itu menjadikan Inggris sebagai salah satu negara Barat dengan pertumbuhan penduduk Muslim terpesat.

Beberapa faktor seperti kelahiran dan imigran adalah penyebab pertumbuhan Muslim di Inggris sangat cepat. Selain itu, berdasarkan Badan Sensus Inggris, setidaknya ada 6 ribu warga Inggris yang beralih memeluk Islam saban tahun.

1. India

(foto: thefrustratedindian.com)

India berpotensi mengalahkan Indonesia dalam hal jumlah penduduk beragama Islam. Menurut Pew, secara resmi India akan menjadi negara dengan penduduk Muslim terbanyak pada tahun 2050.

Peningkatan populasi Muslim di sana mencapai 18,4 persen atau sekitar 311 juta jiwa pada tahun 2050 nanti. Sementara itu, penganut agama Islam di India sekarang berjumlah 177 juta jiwa, beda selisih satu juta dengan negara mayoritas muslim terbesar kedua di dunia, Pakistan.
X