5 Manfaat Biji Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh

Alpukat (foto: mnn.com)

Alpukat adalah buah berdaging hijau dan berbiji besar. Buah alpukat kaya akan nutrisi dan gizi yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Namun, sering kali kita membuang biji buah alpukat, padahal biji dari buah alpukat ini menyimpan segudang manfaat.

Dengan begitu, bilamana kita akan mengkonsumsi alpukat, bijinya bisa dimanfaatkan dengan cara membuat hidangan yang dikombinasikan bersama biji alpukat ini. Oleh sebab itu pastikan jangan buang biji alpukat.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut lima manfaat dari biji alpukat yang tak kalah dengan buahnya sendiri.

1. Meningkatkan imunitas

Biji alpukat memiliki jumlah antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya. Bahkan, jumlahnya dapat mengalahkan kandungan dari dagingnya itu sendiri. Antioksidan ini  membantu untuk menjaga radikal bebas dan  meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan flu.

2. Menurunkan tekanan darah

Biji alpukat juga sangat tinggi kalium vasodilator yang baik dikonsumsi untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Di sisi lain, biji alpukat ini membantu untuk mengendurkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, yang selanjutnya dapat mengurangi hipertensi.

3. Terhindar dari kanker

Biji alpukat juga mengandung flavonoid. Zat ini dapat mencakup senyawa seperti quercetin, kaempferol dan myricetin. Flavonoid ini juga mampu mencegah pertumbuhannya tumor kanker.

4. Menurunkan tingkat kolesterol

Ini adalah sebagai fakta yang jarang diketahui bahwa biji alpukat mengandung sifat seperti lemak tak jenuh, yang membantu menurunkat tingkat kolesterol jahat. Biji alpukat mengandung minyak bergizi yang kaya akan antioksidan dan baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

5. Baik untuk kesehatan kulit

Tidak hanya dagingnya yang baik dikonsumsi untuk kulit, ternyata kita bisa memanfaatkan biji alpukat menjadi serbuk untuk dijadikan masker, yang nantinya berguna untuk menyingkirkan sel-sel mati dan meningkatkan kulitas pada kulit. Gunakan biji buah sehat ini sebagai masker wajah atau scrub.
X