4 Orang Indonesia Yang Paling Ditakuti Amerika Serikat

Prabowo Subianto

Negara adidaya Amerika Serikat memang selalu protektif terhadap orang-orang yang dianggap sebagai ancaman. Banyak hal yang menurut mereka dianggap bisa mengancaman ekonomi, politik, dan militer terhadap negaranya.

Hal itu dibuktikan dengan beredarnya daftar orang-orang yang ditakuti Amerika Serikat di dunia, di antaranya Adolf Hitler, Che Guevara, Saddam Hussain, Ossama Bin Ladden dan masih banyak lagi. Namun, dewasa ini AS menempatkan Presiden Rusia Vladimir Putin yang dianggap paling berbahaya bagi AS.

Selain mereka, rupanya ada beberapa orang berdarah Indonesia yang sangat ditakuti Amerika Serikat. Negeri Paman Sam itu memiliki alasan tertentu kenapa takut sekali kepada orang-orang Indonesia ini. Siapa sajakah mereka?

4. Ir. Soekarno


Ir. Soekarno yang memiliki sikap tegas dan kehebatan pada bidang militer membuat gentar dunia, bahkan Amerika sekalipun. Kekhawatiran AS terhadap presiden pertama RI ini terjadi pada saat Soekarno menolak tawaran Amerika Serikat untuk menjadikan Indonesia bagian dari sekutu Amerika dan lebih memilih mendirikan Non-block.

Soekarno mendirikan kelompok non-block yang berada di tengah dominasi AS dan Uni Soviet. Dan hal ini yang menjadikan Soekarno masuk pada daftar orang yang paling ditakuti dunia terutama Amerika.

3. Moch. Hatta


Bapak Koperasi Indonesia ini sangat berpengaruh besar terhadap kebijakan yang diambil oleh Ir. Soekarno pada saat itu. Ia sangat berani menolak adanya dominasi AS di Indonesia.

Dia percaya bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia dan menjadi negara yang bisa mempunyai kemandirian yang kuat terhadap negara lain. Ia tetap menjadi orang yang disegani dunia, meskipun pandangannya tidak sejalan lagi dengan Ir. Soekarno.

2. Soeharto


Pada era Soeharto, negara-negara di dunia sangat segan terhadapnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa Amerika sangat takut terhadap Soeharto. Dapat diketahui bahwa pada masa kepemimpinannya, Indonesia mempunyai struktur kenegaraan yang sangat baik, kekuatan Indonesia saat itu merata di segala bidang, mulai dari ekonomi, politik dan militer.

Ketika itu, Indonesia termasuk negara yang sangat kuat dan paling seimbang. Dengan dominasi Soeharto ini yang membuat Amerika tidak bisa berbuat apa-apa untuk melenyapkan bapak pembangunan yang satu ini.

1. Prabowo Subianto


Prabowo Subianto yang sebelumnya tidak pernah duduk di kursi pemerintahan, tetapi ia mampu memimpin bangsa Indonesia selama 20 tahun dan menjadikan Indonesia negara yang besar, alias tidak pernah mau untuk berkompromi dengan negara asing jika itu dapat merugikan kedaulatan dan kekayaan bangsa Indonesia.

Selain itu, ia mempunyai cita-cita sama seperti Soekarno yang ingin membangun negara Indonesia secara mandiri dari segi ekonomi, politik dan kebudayaan. Penentangannya terhadap ekonomi liberal, dan kapitalis, membuat Amerika sangat ketakutan.

Walaupun pada Pilpres 2014 Prabowo kalah dalam perebutan kursi Presiden Republik Indonesia, ia masih menjadi pusat perhatian Amerika Serikat di Indonesia. Bahkan Amerika gencar sekali menolak Prabowo untuk jadi Presiden RI ketika itu.
X