WOW SPOT: Sirah Cilembang Si Danau Biru Dari Sumedang


Warga Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tengah dihebohkan dengan objek wisata Sirah (mata air) Cilembang yang terletak di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Sumedang, Jawa Barat.

Yang membuat Sirah Cilembang begitu menarik yaitu karena air danaunya yang sangat jernih dan memiliki warna biru bak lautan. Meskipun wisata alam ini belum terkenal, tapi baru-baru ini banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut.

Cilembang pada dasarnya bukan danau sungguhan, melainkan mata air yang berkumpul membentuk kolam. Banyak orang yang mengunjungi Cilembang hanya karena ingin menyaksikan sendiri warna biru air danau tersebut.

Saking jernihnya, pengunjung dilarang berenang di sana karena bisa mengotori kejernihan air danau tersebut. Meskipun pihak pengurus Cilembang sudah melarang pengunjung untuk berenang, namun masih saja ada yang nakal berenang di sana.

Pengunjung bisa datang ke objek wisata alam ini setiap hari kecuali hari Selasa dan Jumat. Konon, warna biru air danau ini berubah pada hari tersebut. Selain itu, mitos yang tersebar menyebutkan air Sirah Cilembang bisa membuat wajah jadi awet muda.
X