Posisi Tidur Seperti Ini Ternyata Bisa Bikin Otak Pintar

Ilustrasi
Tidur memang tidak hanya berguna bagi tubuh, tetapi juga berguna bagi sistem dalam tubuh seperti pencernaan hingga fungsi otak. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kualitas, durasi hingga posisi tidur seseorang dapat mempengaruhi otak mereka.

Seperti dilansir Metro.co.uk, sebuah studi yang dilakukan di Stony Brook University, New York telah membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara posisi tidur dan cara kerja otak.

Dari penelitian tersebut disebutkan bahwa tidur dalam posisi miring layaknya janin adalah posisi tidur yang sangat baik untuk kesehatan otak. Posisi seperti ini membuat otak lebih mudah membuang prosuk sisa metabolisme keluar dari tubuh.

Hal inilah yang dapat mengurangi risiko penyakit syaraf seperti Alzheimer di usia tua. Meski mempertahankan posisi miring saat tidur sedikit sulit, namun jika sejak awal posisi tidur kita miring dengan tulang leher dan punggung rileks, bisa dipastikan tidur akan nyenyak.

Saat manusia tertidur dalam posisi miring, cairan serebrospinal akan tersaring keluar dari otak dan digantikan oleh cairan interstitial yang mengeluaran limbah metabolisme dari otak, di mana limbah ini merupakan protein yang akan memberikan efek negatif jika terus menumpuk di otak.

Jika didiamkan, limbah yang menumpuk ini menjadi penyebab mudah lupa dan mempertinggi risiko pikun atau demensia.
X