Perlukah Kita Mencuci Muka Dua Kali Sehari?

Ilustrasi (foto : wellnessbin.com)
Semua orang tahu bahwa untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat dimulai dari membersihkannya dua kali sehari. Namun sebenarnya, perlukah kita mencuci wajah setiap hari?

Menurut Dr. Mark Lupin dari Cosmedica in Victoria, BC, mengatakan bahwa memang baik saat membersihkan atau mencuci wajah karena kita merasa bersih. Namun bukan masalah besar jika kita sama sekali tak mencuci wajah karena air pun secara alami dapat membersihkan wajah tanpa tambahan bahan apapun (sabun).

Dr. Beatrice Wang dari Carey Wang Dermatology, Montreal, menyatakan hal yang sama. Mencuci wajah memang membuat wajah terasa bersih. Namun hal itu tidak diwajibkan karena mungkin sebagian besar dari kita tidak melakukan pekerjaan kotor yang membuat wajah sangat kotor.

Mencuci wajah terlalu sering tentu merusak kelembaban kulit. Sabum atau kelenjar minyak akan terangkat oleh sabun pencuci wajah.

Sebum diproduksi secara alami oleh wajah untuk menutrisi wajah, mencegah kekeringan dan menncegah penuaan pada kulit.

Sabun pencuci muka memang dapat membersihkan minyak, make up, dan kulit mati dengan baik. Namun, jika kulit wajah dirasa tak begitu kotor hindarilah penggunaan sabun dan basuhlah wajah hanya menggunakan air.

Cukup gunakan sabun pencuci muka satu kali dalam sehari untuk mencegah kekeringan pada kulit dan masalah lain seperti kerut sampai jerawat.
X