Kuliah Hanya Buang-Buang Uang Saja, Jika Anda?


Menjenjang pendidikan sampai bangku kuliah adalah dambaan setiap pelajar. Mereka berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang layak ketika lulus nanti. Namun harapan itu tidak selalu terwujud mengingat susahnya mendapatkan pekerjaan di Indonesia.

Ketika sudah mulai masuk perguruan tinggi, tentu biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan ketika SMP atau SMA. Belum lagi jika harus merantau ke kota lain, biaya kosan, makan dan sebagainya, malah akan menambah beban biaya. Namun apakah pengorbanan itu sepadan?

Tentu saja sepadan jika Anda bersungguh-sungguh dalam belajar. Namun tetap saja kuliah malah bisa merugikan dan semakin menambah beban hidup, jika Anda?

Hanya berniat mendapatkan ijazah dengan nilai tinggi

Pada dasarnya orang yang berkuliah ingin mendapatkan ijazah agar nanti mudah untuk melamar pekerjaan. Selain itu banyak mahasiswa yang berlomba-lomba mendapatkan nilai tertinggi agar hasilnya memuaskan.


Namun jika Anda hanya memiliki niat untuk mendapatkan ijazah dan nilai tinggi saja, sementara ilmu-ilmu yang didapatkan dilupakan begitu saja, itu kelihatannya percuma saja. Atau Anda tahu ilmunya tapi tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya di lapangan.

Kuliah bukan sekedar mendapatkan ijazah dan nilai saja, tapi Anda juga harus paham betul dari apa yang sudah Anda pelajari. Anda harus bisa menggambarkan praktika ilmu yang Anda dapatkan ketika di lapangan nanti.

Kebanyakan mahasiswa hanya paham sampai sebatas ilmunya saja sementara tidak tahu untuk apa ilmu tersebut digunakan. Alhasil, besok lusa juga ilmu tersebut dilupakan. Dan pada akhirnya ketika lulus nanti, Anda akan kebingungan dan bahkan sulit mencari pekerjaan.

Solusinya?

Mengingat sistem pendidikan di Indonesia yang lebih menekankan para pelajar untuk mencari pekerjaan ketika lulus nanti, sebaiknya Anda putar haluan dan berpikir mulai dari sekarang bagaimana cara membuat pekerjaan bukan mencari pekerjaan.


Segera siapkan rencana Anda ketika lulus nanti. gambarkan apa yang akan Anda buat, dan segera konsep dari sekarang.

Salah satu cara untuk mewujudkan semua itu, pertama Anda jangan takut, tapi harus berani, dan kemudian praktikan konsep yang sudah Anda buat di lapangan. Percayalah pada diri sendiri dan yakinlah bahwa Anda bisa, dan tentunya didampingi dengan kerja nyata dan sikap anti putus asa.

Kedua, tingkatkan sosialiasi. Artinya Anda jangan menutup diri dengan orang lain, tapi perbanyaklah teman tentunya dalam hal positif. Semakin tingkat sosialiasi Anda tinggi, maka wawasan Anda semakin besar pula. Untuk membuat sebuah pekerjaan, wawasan dan pengalaman adalah hal yang paling penting.

Ketiga, jangan takut gagal. Banyak orang yang lebih memilih cari aman dengan mencari pekerjaan karena takut gagal jika bikin usaha sendiri. Kegagalan memang sudah menjadi risiko, tapi kegagalan juga bisa menjadi awal dari kesuksesan. Ketika Anda mengalami kegagalan, yang harus Anda lakukan adalah mempelajari kegagalan Anda dan kemudian memulai lagi.

Nah, jika Anda sudah memiliki rencana atau mungkin sudah memulai sebuah usaha ketika sedang kuliah, ketika lulus nanti Anda tidak perlu susah-susah ke sana ke mari melamar pekerjaan. Anda hanya tinggal menikmatinya saja.

Tahukah Anda?


Kebanyakan orang sukses bukan orang yang IPK nya 3 ke atas, tapi mereka yang berani mengambil risiko, tahu bagaimana cara mempraktikan ilmu, dan berusaha keras. Jika bertemu dengan kegagalan, orang sukses akan mempelajarinya dan memulainya lagi. Mereka menjadikan kegagalan sebagai pupuk untuk menumbuhkan buah yang lebih segar.

Jadi intinya, apa yang Anda pelajari ketika kuliah, Anda harus tahu untuk apa ilmu tersebut. Jangan biarkan ilmu menggumpal di kepala Anda sementara kerja nyatanya tidak ada. Mungkin ilmu tersebut malah akan menerkam Anda.

Ingat?


Mencari pekerjaan di Indonesia itu sangat sulit bahkan untuk Sarjana sekali pun. Apa salahnya jika Anda yang jadi bosnya dan menyediakan lowongan kerja untuk orang lain. Untuk menjadi bos tidak ada tuntutan Anda harus punya ijazah S1, S2 atau S3. Meskipun Anda hanya tamatan SD, Anda bisa jadi bos.

Hanya orang yang berani, percaya pada diri sendiri, dan pekerja keraslah yang bisa menjadi orang sukses.
X