Koko Si Gorila: Manusia Bodoh, Perbaiki Bumi!

Koko si gorila (foto: Unexplained Mysteries)

Seekor gorila bernama Koko yang bisa melakukan bahasa isyarat telah mengingatkan kita untuk senantias menjaga Bumi kita, bukan merusaknya. Koko juga berharap manusia bisa memperbaiki Bumi sebelum terlambat

Koko menjadi gorila terpintar dari spesiesnya yang ada di dunia. Selama 44 tahun, Koko yang merupakan subspesies gorila Western Lowland telah menunjukkan kepada kita bahwa manusia tidak jauh berbeda dengan primata

Gorila ini dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan bahkan mampu memahami lebih dari 2.000 kata dalam bahasa Inggris.

Dia dilatih sejak masih kecil oleh Francine Patterson. Keterampilan Koko dalam berkomunikasi diduga setara dengan anak manusia, namun cukup mengesankan bagi seekor kera.

Kini, dalam upaya meningkatkan kesadaran kita atas pemanasan global yang semakin parah, Koko telah muncul dalam sebuah video untuk memperingatkan semua manusia

Dia memanfaatkan keterampilan bahasa isyarat untuk mengantarkan pesan kepada umat manusia tentang keadaan planet Bumi.

Dalam video Koko mengatakan," Koko sayang manusia, Koko sayang Bumi. Tapi manusia bodoh," ungkapnya. "Perbaiki Bumi! Bantu Bumi! Lindungi Bumi!"

Karena memiliki kemampuan unik untuk berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa isyarat, Koko pun secara alami telah menjadi duta besar bagi binatang-binatang yang terancam punah.

Harusnya kita sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna lebih peka terhadap keadaan Bumi yang sekarang sangat memperihatinkan. Dengan demikian, rasa ingin menjaga pun akan tumbuh dalam diri kita sebagai penghuni di muka Bumi ini.


Sumber: Unexplained Mysteries
X