Kenapa Kita Tidak Ingat Masa Bayi?

(foto: healthline.com)

Rata-rata orang dewasa tidak ingat sama sekali kenangan ketika masih bayi dulu, terutama sebelum berusia tiga tahun. Lalu, kenapa kita tidak bisa mengingat ingatan ketika masih bayi?

Mengutip dari Life's Little Mysteries, alasan kenapa kita tidak bisa mengingat memori ketika masih bayi dikarenakan otak belum berfungsi dengan baik untuk merekam secara detail tentang kejadian tertentu.

Jadi pada dasarnya otak ketika masih bayi belum mampu menghimpun kejadian secara detail atau disebut juga memori episodic. Hal itu dikarenakan anak masih dalam tahap belajar tentang hal-hal yang ada di sekitarnya.

Sementara menurut penelitian yang dilakukan di Neurobiology Laboratory, Hospital for Sick Children, di Toronto, menemukan bahwa ada pertumbuhan sel otak baru yang menghapus kenangan ketika masih kecil dulu.

Penelitian yang dilaukan bersama University of Toronto dan Fujita Health University di Jepang menggunakan tikus dalam penelitian ini. Mereka menemukan alasan kenapa kita tidak bisa mengingat masa kecil yang dikenal dengan amnesia infantil.

Dalam kata lain, ketika anak berusia tiga tahun pergi ke suatu tempat, maka ia akan dengan mudah melupakannya ketika berusia empat atau lima tahun. Proses penghapusan ingatan tersebut begitu cepat.

Selain itu, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa ada neuron baru yang mungkin menciptakan kenangan baru. Untuk menciptakan kenangan baru, kenangan lama harus dilupakan.
X