Jadi Ibu Termuda Sepanjang Sejarah, Lina Melahirkan Di Usia 5 Tahun

Lina Medina (foto : Oddee)
Salah satu kelainan langka yang terjadi pada wanita adalah pubertas prekoks, pubertas dini pada anak di bawah 5 tahun. Sangat jarang wanita yang terkena kondisi ini kecuali gadis bernama Lina Medina ini.

Gadis asal Peru itu mengalami pubertas saat berusia di bawah 5 tahun. Lina mengalami pembesaran payudara di usianya yang baru 4 tahun. Yang lebih mengejutkannya lagi Lina melahirkan di usia 5 tahun.

Pada tahun 1939, gadis keturunan India itu pergi ke salah satu rumah sakit di Peru dan meminta mengusir roh jahat yang berada pada perut buncitnya.

Namun, dokter di rumah sakit tersebut awalnya menyangka bahwa si gadis menderita tumor perut. Tetapi setelah diperiksa, dalam perut Lina ternyata ada janin yang sudah berumur 8 bulan.

Dokter yang memeriksa Lina kemudian membawanya ke ibukota untuk mengkonfirmasi bahwa Lina benar-benar megandung. Hingga satu bulan setengah kemudian, Lina melahirkan seorang anak laki-laki melalui proses cesar karena pinggul Lina yang kecil.

Bayi laki-laki ini lahir dengan berat 2,7 kg dan yakin bahwa Lina adalah kakaknya. Bayi itu diberi nama Geraldo, sayangnya Geraldo wafat di usia 40 tahun karena penyakit sumsum tulang.

Kasus ini dilaporkan secara detail ke La Presse Mediacale dengan rincian bahwa Lina mengalami menstruasi pada usia 8 bulan, mengalami pembesaran payudara pada usia 4 tahun dan melahirkan di usia 5 tahun.

Belum diketahui siapa sebenarnya ayah dari anak Lina tersebut. Ayah Lina awalnya ditangkap karena dituduh memperkosa anaknya, namun karena kurangnya bukti ia kemudian dibebaskan.

Lina akhirnya menikah tahun 1972 dan melahirkan anak keduanya. Meski banyak yang berpendapat bahwa berita ini hanya kebohongan, namun sejumlah dokter telah memverifikasinya selama bertahun-tahun  berdasarkan biopsi, sinar X kerangka dan janin, serta foto-foto yang diambil oleh dokter yang merawatnya.
X