Inilah Hyperion, Pohon Tertinggi Di Dunia

Hyperion (foto: Odditycentral)

Sampai bulan Agustus 2006, pohon tertinggi di dunia dipegang oleh redwood California yang memiliki tinggi 369 kaki (112 meter). Dijuluki juga "Raksasa Stratosfir", pohon tersebut terletak di suatu tempat di Taman Negara Humboldt Redwoods, di California.

Namun, pohon yang dua kali lebih tinggi dari Patung Liberty itu kehilangan statusnya sebagai pohon tertinggi di dunia, ketika Chris Atkins dan Michael Taylor menemukan pohon yang lebih tinggi di Taman Nasional Redwood California.

Pohon tertinggi tersebut diberi nama Hyperion, yang memiliki tinggi 379 kaki (115 meter). Namun, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Steve Sillet, ahli ekologi dari Universitas Negeri Humboldt, kembali mengukur tinggi pohon itu pada September 2006.

"Cara terbaik untuk mendaki pohon adalah dengan mendaki sampai ke puncak dan menurunkan pengikat, dengan pemberat agar langsung ke tanah," kata Sillet seperti dilansir Odditycentral.

Setelah semuanya beres, mereka menyatakan bahwa tinggi pohon tersebut adalah 379,1 kaki. Sejak saat itu, Hyperion dinobatkan sebagai pohon tertinggi di dunia.

Sillet berpikir bahwa usia Hyperion mencapai 600 tahun atau sama dengan 20 tahun manusia. Sementara itu, lokasi di mana Hyperion itu berada belum pernah diungkapkan untuk melindungi dari manusia.
X