Hindari 6 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal Ini

Ilustrasi (foto : mtlblog.com)
Cara kerja organ dalam tubuh bukan hanya dipengaruhi lingkungan namun juga makanan yang kita konsumsi. Kandungan dalam makanan tentu akan memberikan efek baik maupun buruk bagi tubuh.

Salah satu organ dalam tubuh yang tak kalah penting dari organ lainnya adalah ginjal. Organ tubuh yang satu ini berfungsi membersihkan darah yang kotor atau racun-racun yang tersisa dari makanan yang kita konsumsi.

Dalam kata lain, jika ginjal rusak maka darah-darah koto akan tetap berada dalam tubuh dan bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Oleh karena itu kita sudah seharusnya meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak ginjal.

6. Memakan roti yang terlalu empuk

Saat pembuatan roti atau kue sejenis, tentu tambahan bahan pembat roti yang menambah kekanyalan serta elastisitas dalam roti menjadi bahan yang sangat penting.

Namun jika bahan tersebut digunakan berlebihan, efek buruk akan dirasakan oleh saraf pusat, peredaran darah hingga ginjal.

5. Mengkonsumsi makanan yang terlalu asam

Makanan yang terlalu asam akan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Bukan hanya itu, darah dalam ginjal pun tak akan mengalir dengan baik. Jika diabaikan terus-menerus hal ini dapat memicu penyakit ginjal.

4. Jarang minum air

Air merupakan komponen paling besar dalam tubuh manusia. Untuk iltulah air menjadi kebutuhan penting bagi tubuh. Air juga berfungsi untuk melarutkan racun dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat urine.

Saat tubuh kekurangan air, maka zat-zat seperti racun akan sulit dihilangkan dari tubuh dan menumpuk pada urine.

3. Terlalu banyak makan dan minum

Saat menghadiri acara tertentum kebanyakan orang cenderung mengkonsumsi makanan dan minuman yang berlebihan. Padahal hal ini akan menambah kandungan nitrogen dan asam urat dalam tubuh.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis

Minuman manis memiliki kadar asam yang sangat tinggi. Minuman manis akan menambah kadar asam dalam ginjal dimana dalam keadaan normal kadar asam dalam tubuh sekitar 7,35.

1. Sering menahan buang air kecil

Disadari atau tidak, hampir semua orang pernah menahan buang air kecil. Meski terdengar sepele. saat kita menahan rasa ingin buang air kecil, urine yang menumpuk akan membuat bakteri cepat berkembang biak.

Bakteri-bakteri ini dapat memasuki ginjal melalu ureter yang menjadi pemicu infeksi saluran kendung kemih dan ginjal.
X