Foto Kentang Ini Dijual Seharga 14 Miliar, Apa Istimewanya?

Foto kentang seharga Rp 1 miliar (foto: Odditycentral)

Seorang pria asal Paris, Prancis, baru-baru ini telah menghabiskan uang sebanyak satu miliar rupiah lebih untuk foto sebuah kentang. Karena harganya yang fantastis, foto kentang itu masuk dalam daftar salah satu dari 20 foto paling mahal yang pernah dijual.

Foto kentang itu dipotret oleh Kevin Abosch seorang fotograper yang sedang naik daun sekarang ini, seperti yang telah diberitakan oleh Business Insider. Diklaim bahwa pria kelahiran Irlandia ini terobsesi pada kentang, ia telah memotret ratusan foto dari tumbuhan jenis umbi-umbian itu dengan berlatar belakang hitam yang menjadi ciri khas nya.

Foto tersebut dicetak dengan ukuran 162x162 cm dan diberi judul 'Potato # 345 (2010)'. Foto bernilai seni tinggi itu dipajang di studio miliknya di Paris, hingga ketika salah satu kliennya bersikeras untuk memilikinya.

"Ini bukan pertama kalinya bahwa seseorang telah membeli karya seniku langsung dari dinding," ujar Abocsh, seperti dilansir Odditycentral.

"Pada saat itu kami sebari sedang meminum wine dan dia berkata, 'Aku benar-benar menyukainya.' Dua kali legukan wine ia mengatakan ,' Aku benar-benar ingin itu.' Hingga akhirnya kami menetapkan harga setelah dua minggu kemudian." ceritanya.

Setelah dua minggu kemudian, tanpa ada negosiasi sama sekali ketika Abocsh menawarkan harga sebesar 1 juta dolar AS atau Rp 14 miliar kepadanya, pengusaha yang tak disebutkan namanya itu langsung menyetujuinya. Hingga akhirnya foto tersebut berhasil terjual dengan harga fantastis.

Foto itu adalah salah satu foto termahal yang pernah terjual dari koleksinya. Biasanya, penghasilan yang ia dapatkan lebih dari satu miliar itu adalah hasil dari pemotretan para selebriti.
X