Ada Api Menyembur Dari Dalam Es, Bagaimana Bisa?

Api menyembur dari dalam es (foto: Youtube/Rune Pattersen)

Mungkin kamu tidak akan percaya ada api yang bisa menyembur dari dalam es. Tapi setelah melihat video di bawah ini, kamu baru akan percaya dan kebingungan.

Dalam sebuah video eksperimen yang diunggah oleh akun Rune Pattersen di YouTube, menunjukkan seorang pria tua tampak mencoba melubangi es di sebuah danau yang tak disebutkan di mana lokasinya.

Ketika pria itu berhasil membuat lubang, ia bergegas menyalakan korek api dan langsung mendekatkannya ke lubang yang sudah dibuat tadi. Hal menakjubkan kemudian terjadi ketika es yang sudah dilubangi tadi bisa menyemburkan api.

Penasaran bagaimana bisa es tadi bisa menyemburkan api?

Menurut akun YouTube tersebut, api tersebut muncul karena metana yang terjebak di dalam danau itu oleh es yang sudah membeku. Jika bertanya-tanya dari mana asal metana itu, jawabannya cukup sederhana. Metana tersebut berasal dari mikroba yang berasal dari pecahan bahan organik di bawah dasar danau.

Biasanya bahan organik berasal dari kotoran hewan, tubuh hewan yang sudah mati, alga, atau tumbuhan. Menurut Elitereaders, ketika bakteri mulai memecah bahan organik tadi, maka itu akan memproduksi metana.

Jadi begitu kenapa es dalam video ini bisa menyemburkan api.

X