6 Aksi Pengeboman Yang Pernah Mengguncang Indonesia

Ilustrasi (foto: gbtimes)

Aksi bom bunuh diri yang terjadi di Sarinah, Jakarta Pusat, hari ini Kamis (14/1/2016), mengingatkan kita kembali pada aksi pengeboman yang pernah terjadi di Indonesia sebelumnya.

Tercatat, serangan bom pertama di Indonesia terjadi di Bali pada tahun 2002 silam. Setidaknya ada ratusan orang meninggal dan luka-luka dalam serangan bom di Bali tersebut. Sudah dipastikan, para pelaku pengeboman tak lain adalah komplotan teroris.

Berikut Wow Menariknya berhasil menghimpun beberapa aski pengeboman yang pernah menggemparkan Indonesia. Banyak orang tak bersalah yang harus meregang nyawa akibat aksi biadab para teroris itu.

6. Bom Bali 2002

(foto: dw.com)

Disebut juga Bom Bali I, serangan bom pertama di Indonesia ini terjadi pada tanggal 12 Oktober 2002, di sejumlah lokasi di Bali. Dua ledakan pertama terjadi di Paddy's Club dan Sari Club di Jalan Legian, Kuta. Sedangkan serangan terakhir terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat.

Akibat serangan bom bunuh diri tersebut, ada 202 korban jiwa dan 209 orang luka-luka. Kebanyakan korban merupakan wisatawan asing yang sedang berlibur.

5. Bom JW Marriott 2003

(foto: dnaberita.com)

Sebuah bom meledak dan menghancurkan sebagian Hotel JW Marriott di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, pada 5 Agustus 2003 lalu. Tercatat, ada 12 orang tewas dan 150 orang cedera akibat serangan bom bunuh diri ini. Ledakan itu berasal dari bom mobil bunuh diri yang dikendarai salah seorang pelaku.

4. Bom Kedubes Australia 2004

(foto: wikipedia.org)

Pada 9 September 2004 silam, sebuah mobil meledak di depan Kedutaan Besar Australia, di kawasan Kuningan, Jakarta. Pihak kepolisian menduga bahwa kelompok teroris Jemaah Islamiyah merupakan dalang di balik serangan bom ini. Serangan yang menewaskan 9 korban jiwa ini merupakan aksi bom diri.

3. Bom Bali 2005

(foto: telusuriindonesia.com)

Pulau Dewata Bali kembali lagi diserangan teroris pada 1 Oktober 2005. Dalam serangan ini terjadi tiga pengeboman, satu di Kuta dan dua di Jimbaran. Serangan bom bunuh diri ini menewaskan 23 orang dan 196 orang luka-luka.

2. Bom Jakarta 2009

(foto: viva.co.id)

Bom Jakarta 2009 merupakan peristiwa ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pada 17 Juli 2009. Serangan bom bunuh diri ini menewaskan 9 orang dan melukai lebih dari 50 orang.

Peristiwa ini terjadi sembilan hari sesudah Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, serta dua hari sebelum kedatangan tim sepak bola Manchester United yang akan menggelar pertandingan dengan Indonesian All Star.

1. Bom Sarinah 2016

(foto: youtube.com)

Indonesia kembali lagi berada dalam situasi mencekam setelah baku tembak dan bom bunuh diri terjadi di depan Pos Polisi Lalu Lintas Sarinah, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (14/1/2016).

Menurut beberapa saksi mata, ada tiga pelaku yang melakukan aksi bom bunuh diri tersebut. Semua pelaku sudah dipastikan tewas. Sementara itu mengutip dari beberapa portal online, ada enam orang tewas dalam insiden ini, dua di antaranya dilaporkan merupakan anggota kepolisian.
X