5 Senjata Militer Rusia Yang Ditakuti Amerika

Sukhoi Su-35 (foto: militernews.net)

Rusia dan Amerika adalah dua negara adidaya paling berkuasa di dunia. Soal senjata militer, keduanya tidak mau kalah dan terus berlomba menciptakan senjata militer baru yang lebih canggih lagi.

Namun untuk kali ini, Amerika mungkin akan merasa merinding dengan senjata militer terbaru milik Rusia ini. Pasalnya senjata militer Rusia tersebut memiliki teknologi yang lebih canggih lagi yang mungkin belum dimiliki Amerika.

Dikutip dari The National Interest, berikut di bawah ini ulasan beberapa senjata canggih milik Rusia yang bisa membuat Amerika merinding ketakutan.

5. Sukhoi Su-35 Flanker-E

(foto: combataircraft.com)

Sukhoi Su-35 Flanker-E ini merupakan pesawat tempur operasional terbaik yang sekarang dimiliki Rusia. Pesawat keturunan Su-27 ini memiliki kemampuan terbang lebih tinggi, lebih cepat, dan dapat membawa muatan besar.

Semua itu dikombinasikan dengan rangkaian avionik yang sudah dikembangkan. Dengan kemampuan semacam itu, Sukhoi Su-35 mungkin bisa jadi ancaman besar bagi pesawat tempur Amerika.

Ketika bertempur di udara, Su-35 akan meluncurkan rudal dengan kecepatan supersoik yang tinggi, yaitu 1,5 Mach (kecepatan suara) atau sekitar 1.852 km per jam pada ketinggian 45.000 kaki.

4. Kapal Selam Kelas Amur

(foto: military-today.com)

Rusia memiliki kapal selam bertenaga diesel yaitu dari kelas Amur. Meskipun bertenaga diesel, kapal selam ini memiliki daya tahan yang lebih lama di dalam air dibandingkan dengan kapal selam bertenaga nuklir.

Kapal selam ini lebih baik dalam hal persenjataan. Kelas Amur dilengkapi dengan tabung torpedo 533 mm dan 10 tabung peluncuran rudal vertikal. Selain itu, kapal selam ini memiliki kecepatan sampai 20 knot dan memiliki daya tahan sampai 45 hari.

3. Tank T-90

(foto: army-technology.com)

Tank tempur yang satu ini merupakan kendaraan lapis baja paling canggih yang dimiliki Rusia. Bisa dibilang T-90 merupan keturunan dari tank T-72 ketika zaman Soviet dulu.

T-90 menggabungkan beberapa jenis persenjataan, seperti sensor, sistem kontrol pengendali tembakan, dan pelindung baja Kontakt-5. Setidaknya Rusia memiliki sekitar seribu unit tank jenis ini.

2. Rudal anti-kapal P-800 BrahMos

(foto: globalscurity.org)

Dikembangkan pertama kali oleh Uni Soviet, P-800 merupakan rudal anti kapal supersonik yang dapat digunakan di kapal selam, kapal tempur, pesawat, hingga dari tanah.

Rudal dengan kecepatan 3 March atau seitar 3,7 km per jam ini memiliki jangkauan sekitar 300 km yang berarti lebih baik dari rudal anti-kapal Harpoon milik Angkatan Laut Amerika Serikat.

Menurut salah satu sumber dari Angkatan Laut Amerika Serikat, BrahMos merupakan rudal anti-kapal paling berbahaya yang bisa mengancam pertahanan Amerika.

1. Wake Homing Torpedo 53-65

(foto: weaponsystems.net)

Selain rudal anti-kapal, kapal selam Rusia juga dapat meluncurkan torpedo yang bisa dibilang jadi ancaman besar bagi kapal tempur milik AS yang sedang ada di permukaan.

Torpedo yang dimaksud adalah wake homing torpedo yang memiliki sensor pelacak dalam air yang memiliki pola seperti ular. Senjata ini diyakini memiliki probabilitas yang tinggi sebagai mesin pembunuh. Dalam kata lain, target yang menjadi sasaran torpedo ini kemungkinan besar akan sirna sudah. Satu-satunya cara untuk menghindari torpedo ini yaitu dengan menciptakan rudal anti-torpedo.
X