5 Kota Yang Akan Jadi Pusat Bisnis Di Tahun 2016

Dubai, Uni Emirat Arab

Pernahkah Anda membayangkan tinggal di suatu kota di luar negeri untuk memulai menjalankan bisnis? Jika ada niat seperti itu, Anda harus mengetahui karakteristik kota yang hendak Anda tinggali seperti populasinya, pendapatan per kapita, infrastruktur dan masih banyak lagi.

Pertumbuhan perekonomian, real estate, dan fasilitas hiburan juga memerankan peranan penting bagi Anda untuk mengambil keputusan apakah Anda layak berinvestasi di kota tersebut atau tidak. Selain itu Anda juga harus memperhatikan situasi politik dan keamanan di kota yang sudah dijadikan target untuk berinvestasi.

Bagi Anda yang kebingungan di kota mana yang tepat untuk memulai bisnis, berikut Wow Menariknya mengutip dari The Richest, beberapa kota besar di dunia yang cocok untuk berbisnis. Kota-kota tersebut diprediksi akan jadi pusat bisnis di tahun 2016 ini.

5. Shanghai, China


Menjadi keenam kota paling terglobalisasi di dunia, Shanghai bisa menjadi pilihan terbaik untuk berinvestasi. Kota ini telah berhasil menempatkan dirinya sebagai pusat keuangan global dalam beberapa tahun terakhir, bahkan telah melampaui Tokyo.

Antara tahun 2015 sampai 2030 nanti, pendapatan sekali pakai di Shanghai diperkirakan meningkat sebesar 350 miliar dolar, di mana nilai tersebut telah melampaui Tokyo dan London. Sementara itu, belanja konsumen diperkirakan meningkat sebesar 250 miliar dolar.

4. Dubai, Uni Emirat Arab



Berbicara soal bisnis, Dubai pasti tidak akan ketinggalan. Kota paling modern di Timur Tengah ini memiliki produk domestik bruto (PDB) per kapita sebesar 24.866 dolar atau sekitar Rp 345 juta.

Menurut salah satu portal berita Uni Emirat Arab, menyebut pasar real estate di Dubai saat ini sedang dalam posisi terbaik untuk mulai berinvestasi jangka panjang. Terlebih lagi, Dubai memiliki pajak properti terendah di dunia dan tidak ada pajak penghasilan.

Dilihat dari infrastruktur, hukum dan ketertiban, Dubai merupakan yang terbaik di dunia. Kota ini juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan terbaik.

3. Kuala Lumpur, Malaysia



Ibukota Malaysia ini termasuk di antara 25 kota paling terglobalisasi di dunia. Kota ini dilaporkan menjadi tujuan terbesar keenam untuk berinvestasi. Dibandingkan dengan Indonesia, fasilitas kesehatan di Kuala Lumpur jauh lebih baik.

Kota ini memiliki salah satu lingkungan perumahan terbaik. Pemerintah terus berupaya dalam mengembangkan infrastruktur untuk terus menarik wisatawan. Menara KL 118, landmark terbaru di Kuala Lumpur, diperkirakan akan selesai pada tahun 2020 dengan memiliki keitnggian mencapai 635 meter. Tentu saja menara ini akan semakin banyak menarik wisatawan dan investor asing.

2. Johannesburg, Afrika Selatan


Johannesburg merupakan kota paling besar di Afrika Selatan dengan biaya sewa yang cukup bersahabat. Investasi perumahan dan apartemen merupakan pilihan terbaik di kota ini karena biaya sewanya bisa dinaikan sampai 11 persen.

Kota ini memiliki PDB per kapita sebesar 16.370 dolar atau Rp 227 juta pada tahun 2014. Pendidikan dan kesehatan di sini juga patut diacungi jempol dibandingkan dengan kota lainnya di Afrika Selatan.

Bursa Efek Johannesburg merupakan yang terbesar di Afrika dan industri pertambangan Afrika Selatan juga berpusat di kota ini.

1. Mumbai, India


Mumbai adalah ibukota keuangan India yang memiliki perekonomian lebih maju di Asia. Populasi penduduk di kota ini meningkat dari 9,9 juta pada tahun 1991 menjadi 12,4 juta jiwa pada tahun 2011.

Dalam rangka memenuhi populasi yang kian meningkat, pemerintah Mumbai terus mengembangkan infrastruktur yang signifikan, seperti Metro Mumbai, Monorail Mumbai dan masih banyak lagi.

PDB Mumbai mencapai 278 miliar dolar dari tahun 2014 sampai 2015, sementara pendapatan per kapitanya dilaporkan mencapai 7.300 dolar pada tahun 2009. Meskipun gaji di kota ini relatif tinggi, tetapi gaji untuk pembantu rumah tangga, sopir, pelayan, dan penjaga keamanan cukup murah di sini.

Namun perkembangan real estate di Mumbai juga terus meningkat. Fasilitas kesehatan dan keamanan juga cukup terjamin di sini.
X