4 Fakta Menakjubkan Tentang Otak Manusia, Lebih Hebat Dari Komputer!

Otak manusia (foto: io9.com)

Di dalam kepala manusia begitu banyak organ yang berkerut-kerut dengan beratnya mencapai sekitar 1,3 kg. Organ tersebut dapat mengontrol semua aktivitas yang dilakukan manusia, dari mulai berpikir, belajar, berkarya, merasakan emosi, mengontrol setiap kedipan, nafas dan detak jantung.

Organ tersebut kita kenal dengan nama otak. Bahkan, ilmuan terkenal bernama James D. Watson mengatakan bahwa otak merupakan hal yang paling kompleks yang telah kita temukan di alam semesta ini.

Dilansir Wow Menariknya dari National Geographic Kids, berikut ulasan tentang fakta menakjubkan otak manusia yang lebih hebat dari komputer mana pun.

1. Otak manusia lebih cepat dan hebat dibandingkan dengan super komputer

Tidak ada komputer yang dapat menyaingi kemampuan hebatnya otak manusia, yang mampu menyerap, memproses dan menerjemahkan dalam tindakan informasi yang datang melalui mata, telinga dan panca indera lainnya. Hanya saja manusia terhambat oleh 'sesuatu' sehingga tidak mampu menggunakan kemampuan otak sepenuhnya.

2. Otak menghasilkan listrik yang dapat menghidupkan bola lampu

Otak manusia mengandung sekitar 100 miliar sel mikroskopis yang disebut neuron. Kapan pun ketika manusia bermimpi, tertawa, berpikir, melihat, bergerak, bernafas, dll. Dengan begitu sinyal kimia dan listrik berlomba-lomba melewati neuron-neuron ini melalui miliaran jalur kecil neuron.

Meskipun satu neuron hanya menghasilkan sedikit daya listrik, namun ternyata jika seluruh neuron otak digabungkan, akan dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menyalakan bola lampu ber-watt rendah.

3. Kecepatan neuron mengirimkan informasi ke otak lebih dari 240 km per jam

Misalnya, seekor lalat hinggap di tangan, sontak Anda langsung berkata "Wuuussshh". Pada saat itu neuron sensorik di kulit akan meneruskan informasi ini ke sumsum tulang belakang dan otak dengan kecepatan lebih dari 240 km per jam.

Otak kemudian mengirimkan neuron motorik untuk mengirimkan pesan kembali melalui sumsum tulang belakang ke tangan Anda untuk menggoyangkan tangan agar lalat cepat terbang. Maka, neuron motorik dapat menyampaikan pesan lebih dari 320 km per jam.

4. Struktur otak berubah ketika mempelajari sesuatu

Seiring bertambahnya usia, manusia selalu ingin belajar sesuatu yang belum diketahuinya agar yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Oleh karena itu, struktur otak akan berubah setiap kali mempelajari sesuatu, sama seperti ketika mengingat hal baru. Itulah sebabnya orang yang tadinya tidak tahu bisa jadi tahu dikarenakan ada perubahan pada struktur otak.
X