Unik, Ayam Ini Memiliki Daging Berwarna Hitam

Daging ayam berwarna hitam

Bila pada umumnya daging ayam itu memiliki warna putih kekuningan, bagaimana dengan daging ayam berwarna hitam?

Di China, ada salah satu jenis ayam yang disebut ayam slike yang memiliki kulit, tulang, dan organ internal berwarna hitam, termasuk bagian dagingnya. Selain ayam slike, memang ada beberapa keturunan ayam hitam lainnya, namun tetap yang paling populer adalah ayam slike.

Ayam slike memiliki bulu yang halus, di mana bulunya digambarkan memiliki kehalusan seperti sutra. Sementara itu, ayam yang dijuluki "wu gu ji" ini memiliki kulit warna gelap kebiruan dan tulang hitam pekat.

Di negara-negara barat, ayam slike dijual sebagai ayam hiasan, sementara di China ayam ini dianggap sebagai makanan enak dan bergizi.

Ayam slike

Beberapa perempuan juga mengonsumsi daging ayam ini setelah melahirkan karena dianggap bisa memberikan dorongan energi. Selain itu, ayam ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan darah, perut dan paru-paru.

Masyarakat di China biasanya tidak memanggang atau menggoreng ayam ini, melainkan dengan menjadikannya kaldu yang dicampur dengan ginseng, jujubes, dan wolfberries.

Lantas apa yang membuat ayam ini memiliki daging berwarna hitam? Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2011, ayam slike memiliki Endhothelin 3, sebuah gen yang dikenal untuk mempromosikan pertumbuhan sel-sel pigmen.

Karena sel-sel pigmen tersebut terlalu besar, alhasil kulit, tulang dan bagian organ internal ayam slike memiliki warna hitam pekat.
X