Unik, Ada Pohon Bisa Berjalan Di Ekuador

Pohon Berjalan (foto: Odditycentral)

Pohon memang hidup tapi tidak bisa berjalan layaknya manusia. Namun berbeda dengan pohon yang hidup di hutan hujan Ekuador ini yang bisa berjalan alias berpindah tempat dengan sendirinya.

Socratea exorrhiza, nama latin untuk pohon ini, memiliki sistem akar yang rumit yang juga berfungsi sebagai kaki yang memungkinkannya untuk terus bergerak menuju cahaya matahari ketika perubahan musim.

Dilansir dari Odditycentral, pohon berjalan ini mampu bergerak 2-3 cm per hari atau 20 meter per tahun. Terdengar sangat dekat, tapi bergerak sejauh 20 meter bagi pohon itu dianggap seperti lari maraton.

Pemandu di hutan hujan Amerika Latin, seperti Ekuador, mengatakan kepada wisatawan bahwa pohon ini perlahan-lahan bisa berjalan untuk mencari cahaya matahari dengan menumbuhkan akar baru dan akar yang lama akan mati.

(foto: Odditycentral)

"Ketika tanah mengikis, pohon baru mulai tumbuh, akar panjang mulai tumbuh dan lebih solid, kadang-kadang sampai 20 meter," kata Peter Vrsansky, palaeobiolog dari Akademi Slovakia of Sciences.

Secara rinci Peter menjelaskan ketika akar baru mulai tumbuh di tanah yang lain, batang pohon perlahan-lahan akan mulai pindah tempat mengikuti akar baru tersebut.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Live Science pada tahun 2012, ilmuwan menyangkal bahwa pohon ini bisa berjalan. Dalam artikel tersebut, pohon ini sebenarnya diam di tempat kecuali ada angin kencang atau ditebang.

Gerardo Avalos, seorang ahli biologi dan direktur Pusat Studi Pembangunan Berkelanjutan di Kosta Rika, juga setuju bahwa pohon ini tidak bisa bergerak dan menyebut pohon berjalan ini hanya mitos belaka.
X