Tau Gak Kenapa Lampu Sein Berwarna Orange?

Lampu sein mobil (foto: autorevindonesia.com)

Setiap kendaraan bermotor atau mobil pasti memiliki lampu sein. Tentunya para pengguna kendaraan pasti sudah tahu apa saja fungsi lampu sein itu. Tapi tau gak kenapa lampu sein itu berwarna orange, kenapa tidak merah?

Warna orange dianggap memiliki panjang gelombang yang tinggi yang cenderung direspon dengan baik oleh mata manusia. Selain orange, warna merah yang digunakan pada lampu rem juga lebih efektif.

Menurut Dr. Tery, fakar fisika dan staf pengajar di Departemen Fisika FMIPA Universitas Indonesia (UI), unsur cahaya kuning pada turn lamp atau lampu sein memiliki panjang gelombang 0,58 mikron dengan tingkat sensitivitas terhadap mata manusia mencapai 0,85.

Dia menjelaskan secara rinci bahwa mata manusia sangat sensitif terhadap warna kungin atau jingga yang berarti warna tersebut akan mendapat respon dengan baik dari mata manusia.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pada tahun 2008 menunjukkan bahwa tingkat respon pengendara meningkat sebesar 28% ketika melihat lampu sein berwarna jingga ketimbang lampu sein berwarna merah.

Begitulah alasan kenapa lampu sein berwarna orange atau jingga. Dengan begitu para pengendara lebih sensitif ketika melihat lampu orange sehingga tingkat kecelakaan bisa dikurangi.
X