Tahu Tidak Lagu Kebangsaan Singapura Diciptakan Oleh Orang Indonesia?

Zubir Said (foto: aktualitas.com)

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa lagu kebangsaan Singapura itu diciptakan oleh orang Indonesia. Ya, dia adalah Zubir Said yang merupakan seorang musisi Singapura keturunan Minangkabau.

Pria kelahiran Bukittinggi, 22 Juli 1907 ini menciptakan lagu kebangsaan Singapura berjudul "Majulah Singapura" yang ia ciptakan saat masih memiliki kewarganegaraan Indonesia pada tahun 1958.

Beliau memutuskan pindah ke Singapura untuk mencari nafkah sebagai seorang musisi pada tahun 1928 ketika usianya baru 21 tahun. Kemudian ia kembali ke Jawa untuk menikahi istrinya Tarminah Kario pada tahun 1938.

Hingga pada tahun 1952, ia menjadi seorang pengubah musik di salah satu perusahaan, Cathay Keris, dan menjadi penulis-penulis lagu untuk film Sumpah Pontianak (1958). Dan pada tahun 1957, untuk pertama kalinya karya musiknya dipentaskan untuk umum di Teater Victoria.

Kecintaannya dengan menulis lagu telah membuatnya menjadi sosok yang dikagumi banyak orang. Dia telah menciptakan banyak karya yang sangat bermanfaat bagi orang lain.

Zubir Said meninggal di usia 80 tahun di Joo Chiat Place, Singapura, atau tepatnya pada tanggal 16 November 1987. Kini karyanya telah banyak didokumentasikan dalam buku-buku.
X