Pengungsi Suriah Yang Jual Pena Kini Jadi Pengusaha Sukses

Abdul Halim al-Attar (foto: Viral4real)

Masih ingat dengan seorang pengungsi Suriah yang menjual pena sambil membawa putrinya yang tertidur? Siapa sangka, dia sekarang menjadi seorang pengusaha sukses dengan menjalankan beberapa bisnis.

Abdul Halim al-Attar (30) mampu menjalankan beberapa bisnis berkat foto-foto dirinya ketika menjual pena tersebar luas di internet. Dilansir Viral4real, ia mendapat sumbangan sebesar $191.000 atau sekitar Rp 2,6 miliar pada awal bulan Desember ini.

Dia memberikan sebagian uang sumbangannya sebesar $25.000 (Rp 347 juta) kepada keluarga, teman-temannya dan juga para pengungsi lain. Sisanya ia gunakan untuk menjalankan beberapa bisnis.

(foto: Viral4real)

Sekarang, Abdul memiliki sebuah toko roti, toko kebab, dan restoran. Dengan bisnis barunya itu, sekarang ia mampu mempekerjakan 16 pengungsi Suriah.

"Tidak hanya hidup saya yang berubah, tetapi juga kehidupan anak-anak saya dan kehidupan orang-orang di Suriah yang saya bantu," kata Abdul.

"Aku harus menginvestasikan uang, jika tidak maka akan hilang," tambahnya.

(foto: Viral4real)

Anak-anaknya, Reem yang berusa 4 tahun dan Abdullelah yang berusia 9 tahun sekarang bisa hidup yang nyaman di sebuah apartemen dua kamar. Anaknya juga mampu kembali bersekolah setelah sempat 3 tahun berhenti.

Sebelumnya, Abdul berhasil membuat seluruh pengguna internet tersentuh ketika foto-foto dirinya sedang jualan pena sambil membawa putrinya yang tertidur di jalanan Kota Beirut, Lebanon, tersebar luas di media sosial. Sejak saat itu, sumbangan dari berbagai pihak terus mengalir kepadanya.
X