Mengonsumsi 10 Makanan Ini Saat Perut Kosong Bisa Jadi Bumerang

Ilustrasi wanita makan pisang (foto: telegraph.co.uk)

Manfaat dari apa yang kita konsumsi bukan hanya didapat dari nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut, namun juga waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya.

Demi menjaga berat badan yang ideal, diet menjadi salah satu caranya. Namun ternyata masih banyak yang keliru tentang menu diet yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong.

Bukannya membuat kenyang dan menambah sehat, mengonsumsi makanan-makanan ini saat perut kosong justru sangat berbahaya dan bisa jadi bumerang. Langsung saja simak makanan-makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

10. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung tenin dan pektin yang merangsang dinding perut untuk mengeluarkan lebih banyak asam lambung. Hal ini akan menyebabkan perut terasa mulas.

9. Teh

Teh memilki kandungan yang tidak baik bagi asam lambung. Jika teh dikonsumsi saat perut masih kosong, teh akan menghasilkan asam yang lebih tinggi yang akan mempengaruhi lapisan lambung.

8. Kopi

Sama seperti teh, kopi juga menjadi minuman berbahaya jika dikonsumsi saat perut kosong. Kopi ngendung kafein yang meningkatkan asam lambung. Sebaiknya saat perut masih kosong, minumlah segelas air putih terlebih dahulu sebelum menikmati kopi. 

7. Alkohol

Alkohol menjadi racun bagi tubuh saat perut masih kosong. Kandungan berbhaya dalam alkohol dapat membakar lapisan usus ketika dinikamati saat perut belum terisi apapun.

6. Obat-obatan

dokter selalu menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi obat setelah makan. Hal ini agar mencegah asam lambung dalam lapisan perut meningkat yang dapat mengakibatkan ketidak seimbangan tubuh.

5. Makanan pedas

Meski banyak masyarakat menyukai pedas, menikmati makanan pedas saat perut sangat tidka dianjurkan. Hal ini dikarenakan lapisan perut akan bereaksi dengan kandungan dalam makanan tersebut yang menyebabkan asam dan kram perut.

4. Yoghurt

Yoghurt menjadi salah satu menu diet yang segar dan sehat. Namun saat yoghurt masuk ke dalam perut saat perut masih kosong, kandungan asam dan bakteri di dalamnya akan membuat tak enak perut.

3. Soda 

Soda memilki tingkat asam karbonasi yang cukup tinggi. Saat asam ini bercampur dengan asam lambung, akibatnya perut menjadi mual dan ketidaknyamanan perut yang berlangsung lama.

2. Tomat

Kandungan asam yang dalam tomat yang dikonsumsi saat perut masih kosong akan bercampur dengan asam pencernaan yang akan membuat gel larut. Hal ini akan menyebabkan perut kalkulus atau perut stones.

1. Pisang

Pisang memang membuat perut terasa cepat kenyang, namunj jika pisang dikonsumsi saat perut kosong kandungan magnesium di dalamnya akan meningkat sehingga merusak kadar magnesium dan kalsium dalam darah.
X