Italia Larang Wanita Muslim Memakai Cadar

Wanita memakai cadar (foto: metro.co.uk)

Wilayah terkaya di Italia, Lombardy, baru saja melarang perempuan muslim mengenakan burqa dan niqab di rumah sakit atau bangunan pemerintah.

Menurut pejabat setempat Lombardy seperti dikutip Metro.co.uk (14/12/2015), undang-undang baru ini telah dibuat lantaran serangan teroris di Eropa dalam beberapa bulan terakhir.

Simona Bordonali, kepala keamanan di wilayah tersebut yang mengumumkan larangan memakai cadar mengatakan bahwa orang yang hendak memasuki fasilitas umum harus dikenali.

"Siapapun yang ingin masuk ke sebuah rumah sakit di Lombardy harus dikenali dan memperlihatkan dirinya. Burqa dan niqab karena itu dilarang," tegas Bordonali kepada II Fatto Quotidiano.

Larangan ini mendapat penolakan tegas dari para tokoh agama karena dianggap menyebarkan kebencian dan perpecahan di seluruh Eropa.

"Bagi saya burqa dan niqab tidak ada hubungannya dengan Islam, itu hanyalah budaya yang hanya dimiliki oleh beberapa wilayah Islam tertentu di dunia," kata Mouelhi Mohsen, seorang imam asal Milan mengatakan kepada The Local.

Tak hanya dari kalangan tokoh agama, larangan memakai cadar juga mendapat penolakan dari menteri kehakiman Italia, Andrea Orlando. Dia mengatakan larangan ini hanya sebagai bentuk propoganda belaka.

Sementara itu, pemimpin-pemimpin lain di wilayah Italia dengan tegas tidak akan menerapkan aturan baru ini.
X