Ini Dia Bapak Penemu Cut, Copy Dan Paste

Ilustrasi (foto : mac.appstorm.net)
Semakin canggihnya teknologi membuat kita mudah untuk mencari dan mendapatkan informasi. Saat mencari informasi tentu kerap kali kita menggunakan tombol cut, copy dan paste bukan?

Bagi pelajar atau mahasiswa tentu tak asing dengan tombol fungsi cut, copy dan paste. Tugas-tugas kuliah atau sekolah menjadi lebih mudah berkat tiga tombol fungsi tersebut. Namun, tahukah kamu siapa sebenarnya penemu tombol-tombol fungsi tersebut?

Berterima kasihlah kepada Larry Tesler, seorang ahli komputer sekaligus penemu dari tombol cut, copy dan paste.

Dilansir dari Discovery, Tesler bekerja pada suatu pemrograman Smalltalk-76 antara tahun 1973-1976. Proyek inilah yang menerapkan sistem menangkap teks (cut/copy), dan memasukannya ke tempat lain (paste).

Nama tombol ini diambil dari ide lama suatu editing naskah. Sedangkan untuk ikonnya sendiri untuk "cut" kita berarti menggunting bagian teks dan memberinya ikon gunting, sedangkan paste seolah kita menempelkan di tempat lain.

Tesler pindah ke Xerox PARC dan memilki kehidupan yang cukup mewah beberapa dekade terakhir. Tesler sempat bekerja untuk Apple, menjadi wakil presiden Amazon.com dan Yahoo!.
X