Heboh, Langit China Berubah Jadi Merah Muda Karena Asap Beracun

Langit di kota Nanjing, provinsi Jiangsu, China, berubah jadi merah muda (foto: The Guardian)
Salah satu kota paling terkenal di China diselimuti oleh kabut berwarna merah muda karena asap beracun, pada Rabu (23/12).

Menurut The Guardian, kabut merah mudah yang melanda kota Nanjing itu dilaporkan disebabkan oleh polusi yang kebetulan tersorot cahaya matahari terbenam.

Foto-foto yang menunjukkan langit berwarna merah muda tersebut tersebar luas di Weibo, jejaring sosial versi China, dan sempat menjadi trending topic.

"Siapa yang bisa menjelaskan apa yang telah terjadi di langit?" tanya salah satu pengguna Weibo dengan penuh rasa khawatir.

Pertanyaan tersebut telah mendapat ribuan komentar dari pengguna lain. Salah satunya ini, "Ini baru, asap rasa anggur," jawab salah satu pengguna.

Bahkan salah satu kantor bertia China, Xinhua, memposting foto-foto langit itu di akun Twitter mereka dengan judul "Asap merah muda."

(foto: The Guardian)

Banyak orang yang marah dan menyalahkan pemerintah karena tak bisa mengendalikan kabut asap yang kian hari semakin parah.

"Pemerintah tidak mengambil tindakan efektif untuk mengendalikan asap, dan kami harus membayar itu dengan kesehatan kita," jelas salah satu pengguna Weibo.

Liu Hongnian, seorang ilmuwan Universitas Nanjing mengatakan kepada surat kabar bahwa asap datang dalam tiga warna, yaitu putih, abu-abu, dan coklat. Langit merah muda tidak mewakili ancaman baru bagi warga kota.

"Orang tidak perlu takut," katanya.

Sementara itu, tingkat polusi di Nanjing pada hari Selasa dan Rabu mencapai titik yang lebih tinggi, di mana polusi di sana mencapai 10 kali lipat daripada yang dianggap aman oleh Organisasi Kesehatan Dunia.
X