Armi Kuusela, Wanita Pertama Yang Memenangkan Miss Universe

Armi Kuusela (foto: Wikipedia)

Miss Universe akhir-akhir ini jadi perbincangan hangat setelah beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan drama salah sebut pemenang dalam final Miss Universe 2015.

Lupakan dulu itu sejenak, lebih baik kita mengintip siapa wanita pertama yang memenangkan gelar Miss Universe. Dia adalah Armi Kuusela, wanita asal Finalndia yang memenangkan Miss Universe pertama pada tahun 1952.

Perempuan kelahiran 20 Agustus 1934 itu sebelumnya pernah memenangkan kontes kecantikan nasional Finlandia, Suomen Neito, pada 24 Mei 1952. Dia dianugrahi sekotak cokelat, gelang emas, dan hadiah lainnya.

Kemudian pada tanggal 17 Juni, dia pergi ke Long Beach di California untuk mengikuti kontes Miss Universe pertama yang digelar pada 28 Juni 1952.

Ada tiga puluh kontestan yang ikut berpartisipasi dalam kontes Miss Universe pertama itu. Hingga akhirnya Kuusela berhasil memenangkan konstes Miss Universe 1952. Ketika itu usianya baru 17 tahun dengan tinggi tubuh mencapai 1,65 meter dan berat 49 kg.

Mahkota yang dikenakan Kuusela ketika itu merupakan replika miniatur dari mahkota yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth II, dengan perhiasan di dasar beludru dan diikat ke kepala dengan pita putih.

Sekarang, Kuusela sudah berusia 80 tahun. Meskipun sudah tua, ia masih aktif di komunitasnya dan sering ikut acara-acara amal dan juga terlibat dalam penelitian kanker di salah satu institut ternama.
X