6 Hal Penting Yang Patut Ditiru Dari Jepang


Jepang adalah salah satu negara paling maju di mana masyarakatnya dikenal sangat disiplin. Selain itu orang-orang di Jepang sangat ramah dan benar-benar menghargai budaya negaranya sendiri dibandingkan dengan budaya negara lain.

Dari mulai pendidikan, kesehatan dan teknologi Jepang kerap menjadi cerminan bangsa lain. Sebagai negara yang sama-sama menghuni daratan Asia, Indonesia sudah seharusnya patut meniru beberapa hal penting yang ada di Jepang.

Penasaran apa saja? Berikut Wow Menariknya mengutip dari salah satu halaman Facebook beberapa hal penting yang patut ditiru dari Jepang.

1. Di Jepang pekerja kebersihan disebut insinyur kesehatan. Gajinya saja mencapai Rp 50 juta per bulan. Dan dalam perekrutan, calon pekerja harus menjalani sejumlah tes tertulis dan wawancara.

2. Orang-orang di Jepang diajarkan rasa malu yang berlebihan. Dalam kata lain, jika orang Jepang melakukan kesalahan, rasa malu dan bersalah mereka begitu besar sehingga mereka tidak berani melakukan kesalahan yang sama.

3. Tingkat keterlambatan di Jepang adalah sekitar 7 detik. Masyarakat Jepang sangat menghargai waktu dan sangat tidak suka terlambat walau dalam hitungan detik.

4. Ibu rumah tangga di Jepang tidak memiliki pembantu meski pendapatan mereka sangat besar. Orang tua bertanggung jawab penuh atas rumah dan anak-anak mereka.

5. Pendidikan sekolah dasar di Jepang tidak memfokuskan pada soal-soal yang membingungkan melainkan lebih cenderung pada pembentukan karakter dan kepribadian.

6. Jepang benar-benar menganggap pelajar dan pemuda adalah yang terpenting karena mereka adalah masa depan Jepang.

Nah, itulah beberapa hal penting dari masyarakat Jepang yang sudah sepatutnya kita tiru. Karena Jepang memiliki SDM yang berkualitas, negara mereka bisa maju meskipun tidak memiliki SDA.
X