Terinfeksi Parasit Cacing Gelang Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita?

Ilustrasi (foto : intermedika.org)
Biasanya terinfeksi oleh cacing dapat merusak sistem kekebalan tubuh sampai berujung pada kematian. Namun, berbeda jika seorang wanita terinfeksi oleh cacing gelang.

Studi yang dilakukan pada 986 wanita di Bolivia menunjukan bahwa infeksi seumur hidup oleh cacing gelang, Ascaris lumbrocoides dapat membuat wanita menghasilkan ekstra dua anak.

Dalam laporan jurnal Science, peneliti dari University of California Santa Barbara mengatakan bahwa hal ini dipengaruhi karena cacing mempengaruhi imunitas pada inangnya sehingga membuat wanita cepat hamil.

Efek dari terinfeksi cacing gelang ternyata berbanding terbalik jika seseorang terinfeksi cacing tambang. Pasalnya, seorang ibu yang terinfeksi cacing tambang akan kehilangan tiga anaknya.

Efek-efek cacing ini yang dapat mempengaruhi imunitas wanita tentu sangat mengejutkan. Ada potensi cacing dapat digunakan untuk pengobatan masalah kesuburan, namun hal ini masih harus diteliti dengan seksama karena bisa jadi parasit tersebut malah mengundang penyakit.

Sumber: detikHealth
X