Pernah Di Drop Out, Wanita Ini Sekarang Jadi Triliuner

Elizabeth Holmes (foto: Business Insider)

Kegagalan di masa lalu bukan berarti di masa depan akan gagal. Itu tergantung kita menanggapi kegagalan dulu, apakah belajar dari kegagalan dan berniat memperbaikinya, atau hanya diam dan terus-menerus menyesalinya.

Soal belajar dari kegagalan tidak ada salahnya bercermin dari Elizabeth Holmes, pendiri sekaligus CEO perusahaan teknologi kesehatan, Theranos, yang sekarang memiliki kekayaan puluhan triliun.

Ketika masih menjadi mahasiswa University Stanford pada tahun 2003, ia pernah di drop out dari kampus. Namun lihat sekarang, Holmes menjadi salah satu pengusaha wanita terkaya dengan kekayaan bersih senilai $4,6 miliar atau sekitar Rp 63 triliun lebih.

Holmes lahir pada bulan Februari 1984. Keluarganya sering berpindah-pindah ketika ia masih muda dari Washington DC ke Houston, kemudian ke China.

Pada usia 9 tahun, ia pernah menulis surat kepada ayahnya, Christian Holmes, "Apa yang saya inginkan dari hidup saya adalah menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang tidak diketahui manusia tetapi mungkin untuk dilakukan."

Ketika masih tinggal di China, Holmes yang waktu itu masih remaja memulai bisnis sendiri di mana ia menjual comlier C++ ke sekolah-sekolah China.

Dia kemudian pergi ke Stanford untuk belajar teknik kimia. Ketika dia masih menjadi mahasiswa baru, ia sudah memiliki proyek berpenghasilan $3.000 atau sekitar Rp 40 juta.

Dilansir Business Insider, karena ia fokus terhadap perusahaan teknologi kesehatan yang sedang dikembangkannnya, ia akhirnya di drop out dari kampus pada tahun 2003.

Walaupun demikian Holmes berhasil membesarkan perusahaannya, Theranos. Sementara itu, Theranos sendiri adalah perusahaan biotek yang memiliki pendekatan baru untuk melakukan tes darah.

Nah, jangan selalu meratapi kegagalan di masa lalu tanpa berbuat apa-apa. Tapi cobalah berpikir ke depan, lakukan yang terbaik, dan berusahalah sekeras mungkin untuk meraih impian yang dinginkan.
X