Kisah Suami Rawat Istrinya Yang Lumpuh Selama Setengah Abad Lebih

Du Yuanfa dan istrinya Zhou Yuai (foto: Shanghaiist)

Seorang kakek berusia 84 tahun dari kota Linyi di Provinsi Shandong, China, telah menunjukkan arti cinta sejati yang sesungguhnya. Dengan penuh kasih sayang, dia telah merawat istrinya yang lumpuh selama lebih dari setengah abad.

Pria bernama Du Yuanfa itu tak pernah kenal lelah mengurus istrinya Zhou Yuai selama 56 tahun terakhir. Kisahnya itu telah membuat para netizen China menangis penuh haru.

Du menikah dengan Zhou pada bulan November 1958. Saat sedang bekerja di sebuah tambang batu bara di kota Tai'an, Du mendapat surat dari keluarganya bahwa istrinya jatuh sakit.

(foto: Shanghaiist)

Dia segera meminta cuti dan bergegas kembali ke kampung halamannya untuk melihat keadaan istrinya yang ternyata menderita kelumpuhan. Semua ini terjadi hanya lima bulan setelah mereka menikah.

"Punggungnya terlalu kaku untuk bergerak dan tangannya terlalu kaku untuk memegang apapun," kata Du, seperti dilansir Shanghaiist.

"Juga, dia perlu diberi makan dan dibantu untuk mandi," tambahnya.

Du rela menempatkan istrinya yang sakit ke dalam gerobak dan mendorongnya untuk mengunjungi beberapa rumah sakit. Menurut salah satu dokter di sebuah rumah sakit mengatakan bahwa Zhou akan menghabiskan sisa hidupnya di tempat tidur dan tidak bisa memiliki anak.

Sementara dari pihak keluarga dan teman-teman Du menyuruhnya untuk menceraikan istrinya itu, dia memilih untuk selalu ada di samping istrinya dan merawatnya. Dia bahkan rela berhenti dari pekerjaannya sebagai penambang di Tai'an agar istrinya tidak sendirian.

(foto: Shanghaiist)

Pengabdian Du terhadap istrinya benar-benar luar biasa. Dia selalu mengurus istirnya setiap hari, memberinya makan, membantunya keluar untuk mendapatkan sinar matahari, dan juga memandikannya.

Dia juga rela pergi ke gunung untuk mencari obat herbal. Bahkan, untuk memastikan obat yang ia temukan tidak beracun, ia rela mencicipinya dengan leidahnya sendiri.

Kisah cinta Du dan Zhou telah terdengar banyak oleh penduduk lokal. Banyak dari mereka yang datang untuk mengulurkan tangan beruba memberi makanan dan pakaian. Pemerintah setempat memastikan bahwa pasangan itu tidak perlu lagi khawatir soal makanan dan pakaian.

Tak hanya penduduk loka, ribuan netizen juga ikut tersentuh dengan kesetian Du terhadap istrinya. "Saya sangat tersentuh dan tidak punya kata-kata. Aku tergerak oleh pria ini, tanggung jawab dan cintanya kepada istrinya," tulis salah satu pengguna.

"Aku benar-benar berubah! Saya berharap mereka bahagian," ujar pengguna lain.
X